Bab 9. Penulisan Korespondensi Bisnis
1. Apa yang dimaksud dengan direct request ?
Jawab :
Direct request adalah pesan bisnis yang berkaitan dengan kegiatan bisnis sehari-hari yang bersifat rutin, menarik, dan diorganisasikan dengan pendekatan langsung sehingga digolongkan sebagai permintaan langsung (direct request). Pada bagian awal, disajikan ide-ide pokok (main idea) yang diikuti dengan fakta-fakta pendukung serta ditutup dengan suatu pernyataan yang tulus atas tindakan yang diinginkan.
Klik Disini Untuk Membaca Dalam Bentuk MS.WORD
2. Bagaimana cara mengorganisasikan direct request ?
Jawab :
1. Pembukaan : Aturan umum untuk bagian pertama dari direct request adalah menulis sesuatu yang tidak sekedar mudah dipahami, tetapi juga tidak menimbulkan kesalahpahaman. Oleh karena itu, kalimat permulaan harus menyatakan permintaan secara khusus sehingga pembaca dengan mudah memahami maksud isi surat.
2. Penjelasan rinci : Penjelasan atas kalimat pembuka akan lebih lancar jika kalimat pertama bagian pertengahan berorientasi pada pemberian manfaat bagi penerima.
3. Penutup : Bagian penutup surat diisi dengan permintaan untuk beberapa tanggapan khusus, lengkap dengan batas waktunya dan ekspresi terhadap apresiasi atau pemberian goodwill.
3. Sebutkan bentuk-bentuk direct request !
Jawab :
1. Permintaan untuk pihak informal : Bentuk permintaan langsung yang paling umum dipakai pihak internal adalah memo. Memo memiliki beberapa kelebihan, seperti memberi catatan permanen, menghemat waktu dan menunjukkan apa yang dilakukan.
2. Permintaan untuk pihak eksternal : Beberapa surat untuk relasi bisnis merupakan permintaan informasi mengenai produk, harga, cara mendapatkan produk, dan lain-lain.
a. Pesanan (order) : Seringkali dibuat oleh perusahaan karena perusahaan tidak dapat memenuhi semua kebutuhaannya.
b. Klaim : Pada umumnya cepat menimbulkan tanggapan, tetapi mudah menimbulkan suasana emosional.
c. Permohonan kredit : Sebagian besar perusahaan melakukan bisnisnya dengan dana pinjaman (kredit).
d. Undangan : Perusahaan kadangkala mengadakan kegiatan yang memerlukan partisipasi atau kehadiran pihak luar.
4. Kenapa goodwill disusun dengan pendekatan langsung ?
Jawab :
Goodwill disusun dengan pendekatan langsung karena dalam hubungan bisnis biasanya diwarnai oleh pertimbangan biaya dan manfaat, tetapi perusahaan juga perlu menjaga hubungan personal atau kekeluargaan dengan para relasi. Sehingga pesan dengan niat baik disusun dengan pendekatan langsung agar menimbulkan sifat kekeluargaan sehingga berpengaruh positif terhadap kegiatan bisnis.
5. Jelaskan pedoman yang dapat dipergunakan untuk menyusun bad news !
Jawab :
- Mulai dengan pesan yang sifatnya umum
- Jelaskan masalah yang dihadapi
- Nyatakan pesan negatifnya
- Ambil tindakan yang diperlukan
- Tutup dengan pesan positif
6. Jelaskan indikator suatu bad news yang dapat disusun dengan pendekatan langsung !
Jawab :
- Terjadi di lingkungan internal dan bersifat informal
- Komunikator juga menerima pesan tersebut
- Penerima pesan memiliki hubungn positif dengan komunikator
- Pesan relatif ringan dan tidak menimbulkan masalah pribadi
7. Apakah yang dimaksud dengan pesan persuasif ?
Jawab :
Persuasif adalah suatu usaha yang dengan sadar dilakukan oleh individu atau organisasi untuk memodifikasi atau mengubah pendapat, sikap, kepercayaan, atau perilaku individu maupun organisasi lain. Dengan demikian, pesan persuasif adalah pesan yang dimaksudkan untuk mengubah pendapat, sikap, kepercayaan, atau perilaku individu maupun organisasi.
8. Jelaskan penggunaan pendekatan AIDA dengan menyusun pesan persuasif !
Jawab :
- Attention (perhatian)
Pada bagian awal diuraikan ide yang menarik perhatian dan bermanfaat bagi audiens.
- Interest (minat)
Ide pokok yang relevan dengan audiens digambarkan dengan baik untuk membangkitkan minat audiens.
- Desire (keinginan)
Ide pendukung dekembangkan agar audiens merasa membutuhkan atau bersedia mengambil tindakan seperti yang diinginkan komunikator.
- Action (tindakan)
Bagian akhir pesan dipergunakan untuk mendesak audiens agar melakukan tindakan sesuai keinginan komunikator.
loading...
No comments:
Post a Comment