Tuesday 22 May 2018

[Soal dan Jawaban] Pembuatan Rilis Berita



Bab 13. Pembuatan Rilis Berita

1. Mengapa hubungan dan reputasi perusahaan perlu dijaga ?
Jawab :
Karena bisa berdampak positif terhadap kemajuan dan reputasi atau citra perusahaan. Semakin luas dan harmonis hubungan perusahaan dengan lingkungannya, maka perusahaan akan memiliki kekuatan untuk semakin diterima di tengah-tengah masyarakat.

Klik Disini Untuk Membaca Dalam Bentuk MS.WORD

2. Apa yang dimaksud dengan rilis berita ?
Jawab :
Rilis berita merupakan informasi yang didesain sedemikian rupa untuk mencapai audiens yang lebih luas melalui media publik atau surat kabar. Rilis berita berisi informasi atau berita singkat yang merupakan sebagian kecil dari keseluruhan berita yang dimuat dalam suatu surat kabar.

3. Apa saja yang menjadi subjek rilis berita ?
Jawab :
- Produk baru
- Pegawai baru
- Layanan baru
- Aktivitas lain yang layak dipublikasikan

4. Jelaskan kegunaan rilis berita !
Jawab :
1. Menjaga reputasi perusahaan terhadap karyawan, investor, pemerintah dan masyarakat.
2. Menyebarkan berita bisnis kepada publik.
3. Membantu manajemen dalam menangani krisis komunikasi.

5. Sebutkan syarat-syarat rilis berita yang baik !
Jawab :
1. Timelines
Apakah peristiwa tersebut terjadi sekarang ?
Peristiwa terkini (up to date) akan lebih menarik perhatian publik
2. Proximity
Apakah peristiwa tersebut masih terjadi dalam jangkauan pembaca ?
Surat kabar biasanya memiliki target (segmen) pembaca tertentu. Berita yang disajikan tentu saja harus sesuai dengan target pembacanya, baik menyangkut lokasi, wawasan, umur, kegiatan, dan lain sebagainya.
3. Importance
Apakah peristiwa tersebut penting bagi pembaca ?
Pembaca akan menyukai berita-berita yang memang sesuai dengan kepentingannya.
4. Policy
Apakah peristiwa tersebut sesuai dengan kebijakan editor ?
Berita-berita yang disajikan dalam suatu surat kabar selalu diseleksi kesesuainnya dengan misi, visi dan tujuan surat kabar tersebut atau dengan topik utama yang telah ditetapkan dalam setiap edisi.
6. Apa yang dimaksud krisis komunikasi ? Apa manfaat rilis berita pada saat terjadi krisis komunikasi ?
Jawab :
Krisis komunikasi merupakan suatu kejadian yang berkaitan dengan perusahaan yang dapat merusak reputasi perusahaan bila tidak dikomunikasikan dengan baik dan benar.
Manfaat rilis berita pada saat krisis komunikasi adalah mencegah berkembangnya opini masyarakat yang bisa memperburuk reputasi perusahaan, sehingga perusahaan dapat memberikan reaksi atau respons melalui rilis berita. Klarifikasi yang tuntas dapat mengembalikan reputasi perusahaan.

7. Jelaskan langkah-langkah menyusun rilis berita !
Jawab :
1. Menentukan subjek yang akan dirilis
2. Menetukan dan menganalisis audiens yang dituju
3. Memastikan bahwa berita mengandung informasi yang layak disebarkan kepada publik melalui media massa
4. Memperkirakan reaksi audiens (kemungkinan terjadi pro kontra)
5. Menyusun rilis berita menggunakan pendekatan langsung. Walaupun reaksi audiens diperkirakan negatif, rilis berita biasanya disusun dengan pendekatan langsung untuk menarik perhatian pembaca.
    Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan rilis berita adalah :
   - Sedapat mungkin pergunakan kalimat dan paragraf pendek
   - Pastikan kebenaran nama orang, tempat, nama organisasi, jabatan, tanggal, dan jumlah
   - Mintalah izin apabila harus menyebut nama dan menyertakan foto seseorang
  - Cetak di atas kertas yang bersih dengan layout yang sesuai dengan standar media
  - Menyimpan arsip dalam bentuk hardcopy dan softcopy
6. Melakukan review untuk memastikan bahwa pertanyaan jurnalistik yang meliputi 5W + 1H terjawab
8. Apa saja yang harus diperhatikan apabila rilis berita disusun dengan format wawancara ?
Jawab :
Apabila menggunakan format wawancara, terlebih dahulu harus dipastikan bahwa pewawancara dan responden memiliki pengetahuan yang memadai mengenai subjek yang akan dipublikasikan. Sebelum wawancara dilakukan perlu dipersiapkan daftar pertanyaan agar semua item tercover dengan baik. Rilis berita yang disusun melalui format wawancar biasanya juga menggunakan pendekatan langsung untuk menarik perhatian pembaca.


loading...

No comments:

Post a Comment