Wednesday 23 May 2018

[Soal dan Jawaban] Berbicara dan Menyimak



Bab 14. Berbicara dan Menyimak

1. Jelaskan faktor-faktor yang memengaruhi kelancaran berbicara !
Jawab :
1. Pengetahuan
Seseorang yang memiliki pengetahuan luas, pada umumnya memiliki lebih banyak perbendaharaan kata dan mampu memahami hubungan diantara berbagai fenomena
2. Intelegensia
Selain memiliki perbendaharaan kata dan hubungan yang lebih banyak antara fenomena satu dengan fenomena lain, seseorang dengan intelegensia tinggi akan mampu merelevansi antara fenomena dengan lebih cepat dan akurat.
3. Kepribadian
Seseorang yang berkepribadian pemalu biasanya akan mengalami kesulitan untuk berbicara dihadapan orang banyak. Sikap percaya diri memungkinkan seseorang lebih leluasa berbicara dihadapan orang banyak.
4. Pengalaman
Pengalaman menyebabkan seseorang terbiasa dalam menghadapi segala sesuatu pada saat berbicara, misalnya menghadapi audiens yang tidak memperhatikan, atau audiens yang banyak bertanya.
5. Biologis
Masalah biologis berhubungan dengan alat-alat berbicara, misalnya kelainan rahang, bibir, gigi, dan lidah. Faktor tersebut menyebabkan seseorang menghadapi masalah pada saat berbicara, khususnya saat dihadapan banyak orang.
Klik Disini Untuk Membaca Dalam Bentuk MS.WORD

2. Apa perbedaan menyimak (listening) dengan mendengarkan (hearing) ?
Jawab :
Menyimak (listening) didefinisikan sebagai kegiatan yang bersifat fisikal dimana seseorang menerima, memperhatikan, serta memahami suara. Sedangkan mendengarkan (hearing) didefinisikan sebagai aktiivitas fisik dimana seseorang menerima suara melalui indera pendengaran, dengan tanpa memperhatikan serta memahami suara tersebut.

3. Bagaimanakah proses menyimak ? Jelaskan !
Jawab :
1. Mendengarkan (hearing)
Mendengarkan merupakan aktivitas fisik murni,  yaitu menangkap gelombang suara yang dikirim oleh pengirim pesan. Oleh karena itu, seseorang perlu mendengar (hearing) agar dapat menyimak (listening).
2. Memperhatikan (attention)
Perasaan seseorang secara terus menerus dibombardir dengan berbagai stimuli/rangsangan dari luar. Perhatian yang selektif terhadap rangsangan tertentu disebut perhatian/attention. Rangsangan yang  kuat biasanya mendapat perhatian segera.
3. Memahami (understanding)
Pada tahap ini, yaitu memahami, pesan yang dikirim dalam simbol-simbol yang dilihat atau didengar akan diberi makna. Simbol bukan hanya kata-kata tetapi juga termasuk suara dari tepukan tangan dan bunyi sirine.
4. Mengingat (remembering)
Pesan yang telah diterima dan diinterpretasikan kemudian diletakan dalam ingatan. Pesan tersebut akan dihubungkan dengan pesan yang ada dalam ingatan sehingga membentuk suatu rangkaian ingatan baru.
5. Mengevaluasi (evaluating)
Pada tahap evaluasi, pesan yang disampaikan akan diukur bukti-buktinya, akan dibedakan mana fakta dan mana yang opini, dan menentukan apakah pesan itu mengandung  bisa atau tidak.
6. Menanggapi (responding)
Tahap keenam merupakan tahap akhir dalam proses menyimak, yaitu menanggapi pembicaraan atau pesan yang disampaikan dengan memberikan umpan balik (feedback)
4. Jelaskan perbedaan antara menyimak secara aktif dan menyimak secara pasif !
Jawab :
Menyimak secara efektif adalah proses menyimak dimana listener memiliki keterlibatan yang tinggi dan memberikan umpan balik yang jelas. Sedangkan menyimak secara pasif adalah proses menyimak dimana penyimak memiliki keterlibatan yang rendah dan tidak memberikan umpan balik atau memberikan, tetapi tak cukup.

5. Apa penyebab penyimakan (listening) yang tidak efektif ?
Jawab :
1. Faktor lingkungan :Faktor lingkungan atau sering disebut faktor gangguan adalah segala sesuatu yang mengalihkan perhatian seseorang dari apa yang ingin atau perlu diperhatikan,. Faktor ini dapat berupa suara dan jarak.
2. Sumber pesan : Pada saat menyimak, penyimak akan memiliki penilaian tersendiri terhadap orang yang menyampaikan pesan tersebut. Menyimak akan sungguh-sungguh bila sumber pesanadalah orang yang terhormat atau terpandang.
3. Pesan
Pesan atau materi yang baru dan sukar akan menyebabkan penyimakan tidak efektif
4. Individu penyimak
Penyebab dari tidak efektifnya individu penyimak dapat berupa kondisi fisik penyimak, sikap adan kebutuhan penyimak, kebiasaan penyimak, dan tanggung jawab penyimak.
6. Apakah pentingnya arti menyimak dalam dunia bisnis ?
Jawab :
Kemampuan menyimak akan menghilangkan masalah-masalah komunikasi yang timbul dalam bisnis, seperti :
1. Memecahkan konflik
Orang-orang dalam perusahaan akan bersaing untuk mendapatkan sumber daya yang terbatas, atau terjadi konflik karena tujuan dan nilai yang dianut berbeda. Dalam penyelesaian konflik diusahakan tidak ada yang merasa dirugikan atau diupayakan dalam kondisi win-win solution.
2. Menanggulangi perlawanan
Saat menghadapi perlawanan dari orang lain, usahakan tetap tenang dan menunjukan adanya kebutuhan dari orang yang melawan tadi.
3. Mengadakan negosiasi
Seseorang yang melakukan transaksi sehingga diperlukan keterampilan negosiasi. Negosiasi adalah penggunaan keterampilan komunikasi dan tawar menawar mengenai subjek bisnis tertentu atau untuk mengatasi konflik dan mencapai hasil yang memuaskan. Kunci untuk menjadi negosiator yang efektif adalah siap menghadapi negosiasi.


loading...

No comments:

Post a Comment