Bab 15. Komunikasi Dalam Kelompok Kecil dan Rapat
1. Mengapa pemahaman komunikasi kelompok penting dalam dunia bisnis ?
Jawab :
Komunikasi kelompok penting karena orang-orang tidak dapat menyelesaikan tugasnya sendiri-sendiri, tetapi harus dibantu atau harus bekerja sama dengan orang lain. Dalam situasi seperti itu perusahaan memerlukan orang yang dapat berinteraksi dalam kelompok dan memberikan kontribusi penting dalam kelompok itu untuk menyelesaikan masalah-masalah kelompok serta mencapai tujuan kelompok.
Klik Disini Untuk Membaca Dalam Bentuk MS.WORD
2. Apakah kelebihan dan kelemahan bekerja dalam kelompok ?
Jawab :
Kelebihan bekerja dalam kelompok :
- Lebih kuat : kekuatan gabungan orang-orang yang bekerja dalam kelompok membuahkan hasil yang lebih baik daripada bekerja sendiri
- Lebih kreatif : dalam suatu kelompok ada banyak informasi pendukung sehingga suatu ide yang kecil bisa dikembangkan menjadi sebuah ide yang besar
- Lebih banyak belajar : pada saat bekerja dalam kelompok, seseorang bisa sekaligus belajar. Pada saat mengemukakan ide atau pendapat, ia belajar mengungkapkan pendapatnya sendiri
- Kemungkinan melaksanakan keputusan lebih besar : Dalam suatu kelompok, orang-orang melaksanakan berbagai keputusan yang perumusnya dibantu oleh para anggotanya. Oleh karena mereka terlibat, maka lebih besar kemungkinan dalam melaksanakan keputusan
Kelemahan bekerja dalam kelompok :
- Membutuhkan waktu lebih lama : Setiap keputusan memerlukan pendapat dan komentar dari anggota dan hal itu membutuhkan waktu yang relatif lebih lama
- Kemungkinan didominasi individu : Keinginan untuk mendominasi tersebut membuat mereka mengecilkan hati anggota lain dalam memberikan kontribusi yang mungkin bermanfaat
- Mengandalkan satu individu : Dalam kelompok, memungkinkan seseorang untuk memberikan kontribusi yang kecil atau bahkan sama sekali tidak memberikan kontribusi karena mengandalkan individu lain
- Menekan individu untuk menyesuaikan diri : Dalam suatu kelompok sering terdapat tekanan untuk menyesuaikan diri. Para anggota lebih sering berpendapat setuju agar tidak terjadi konflik
3. Berikan contoh penyelenggaraan rapat terbuka dan rapat tertutup dalam bisnis !
Jawab :
Contoh rapat terbuka :
- Rapat mengenai hubungan kerja
- Rapat mengenai hari kerja dan jam kerja
- Rapat tentang tata tertib pekerjaan
Contoh rapat tertutup :
- Rapat tentang pemutusan hubungan kerja
- Rapat para manajer
4. Ambil contoh satu perusahaan yang ada di kota saudara. Pada tanggal 3 Januari 2005 perusahaan tersebut akan menagadakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Saudara sebagai staf bagian umum dan personalia diminta untuk merencanakan penyelanggaraan rapat dan bertanggung jawab terhadap rapat tersebut. Jelaskan kegiatan-kegiatan apa saja yang harus saudara lakukan.
Jawab :
1. Membuat undangan rapat :
- Hari : Senin
- Tanggal : 3 Januari
- Jam : 13.00 – selesai
- Tempat : Gedung serbaguna
- Acara rapat : Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)
2. Membuat Urutan Pelaksanaan Rapat
- Pembukaan
- Pembukaan oleh pejabat
- Pembukaan oleh pimpinan rapat
- Perumusan
- Pembagian tugas
- Diskusi/rapat kelompok
- Rapat pleno
- Penyimpulan
- Pengesahan dan pendistribusian hasil rapat
3. Mengatur ruang rapat
a. Penerangan
b. Ventilasi
c. Tempat
4. Menyiapkan Perlengkapan Rapat
a. Sound system dan microphone
b. Papan tulis atau flip chart
c. Proyektor
5. Menyiapkan akomodasi
6. Kesehatan
loading...
No comments:
Post a Comment