Friday 25 May 2018

[Soal dan Jawaban] Presentasi



Bab 16. Presentasi

1. Tujuan komunikasi khususnya presentasi dibedakan menjadi tiga, sebut dan jelaskan !
Jawab :
1. Memberikan informasi
Salah satu tujuan komunikasi bisnis adalah memberikan informasi. Harapan dari pemberian informasi adalah umpan balik (feedback) setelah informasi sampai pada orang yang dituju seperti yang diharapkan pembicara. Misalnya menimbulkan perubahan sikap, pendapat, perilaku, dan partisipasi.
2. Memengaruhi (persuasif)
Asumsi dasar dalam proses memengaruhi/membujuk adalah bahwa pembicara – audiens dengan sengaja berkomunikasi untuk saling memengaruhi.
3. Memberikan instruksi
Salah satu cara agar orang berubah seperti yang diinginkan adalah dengan memberikan instruksi. Pemberian instruksi hanya dilakukan oleh mereka yang memiliki wewenang, misalnya dengan menginstruksikan pada bawahannya. Komunikasi dengan tujuan instruktif terjadi pada interaksi pembica –audiens tingkat sedang sampai rendah. Interaksi sedang terjadi bila pembicara menginstruksikan tindakan yang harus dilakukan, kapan dan bagaimana melakukan.

Klik Disini Untuk Membaca Dalam Bentuk MS.WORD

2. Dari ketiga tujuan di atas, mengapa tingkat interaksi pembicara – audiens berbeda-beda ?
Jawab :
Tingkat interaksi pembicara – audiens berbeda-beda karena menyesuaikan dengan tujuan komunikasi tersebut sehingga membutuhkan umpan balik (feedback) yang berbeda-beda pula. Jika tujuannya untuk memberi informasi maka interaksi dengan audiens pada tingkat sedang. Komunikasi dengan tujuan memengaruhi orang (persuasif) memiliki tingkat interaksi tertinggi karena pembicara mengajak audiens untuk berpartisipasi dengan mengekspresikan kebutuhan mereka, menyarankan solusi dan rekomendasi. Sedangkan komunikasi dengan tujuan instruktif memiliki interaksi pada tingkat sedang sampai rendah.

3. Sebelum melakukan presentasi, pembicara (komunikator) harus melakukan analisis audiens. Analisis audiens itu menyangkut apa saja ?
Jawab :
Secara umum, analisis audiens yang pertama kali dilakukan akan menyangkut latar belakang seperti usia, pendidikan, pekerjaan, pengalaman, hobi, dan lain-lain. Dari latar belakang tersebut dapat diketahui kebutuhan dan keinginan audiens. Pemahaman kebutuhan dan keinginan audiens selanjutnya akan digunakan untuk menentukan gaya/pendekatan isi presentasi yang tepat. Setelah ditentukan latar belakangnya, kemudian dianalisis ukuran jumlah (size), komposisi, dan reaksi.

4. Saudara sebagai Accounting Manager diminta oleh Direktur Utama untuk melakukan presentasi sistem informasi akuntansi dihadapan Dewan Komisaris. Untuk itu, saudara harus membuat presentasi. Apa saja yang harus saudara lakukan dalam tahap ini ?
Jawab :
a. Menentukan ide pokok/utama
b. Menyusun garis besar (Outline)
c. Memperkirakan panjang/lama presentasi
d. Menentukan gaya/pendekatan

5. Bagian pembukaan yang baik akan mampu menarik perhatian audiens. Namun, perhaitan audiens harus dipertahankan hingga pembicara selesai menyampaikan semua pokok pikiran atau ide utamanya. Bagaimana caranya ?
Jawab :
Beberapa petunjuk yang dapat dipergunakan untuk mempertahankan perhatian audiens adalah : menghubungkan topik presentasi dengan kebutuhan audiens ; menggunakan bahasa yang jelas ; dan menjelaskan hubungan antara tujuan presentasi dengan ide-ide pokoknya.
6. Menurut saudara, perlukah bagian atau sesi Tanya jawab diadakan dalam suatu presentasi ? Jelaskan jawaban Anda !
Jawab :
Menurut saya perlu, karena didalam suatu presentasi dibutuhkan partisipasi dari audiens untuk mengekspresikan kebutuhan mereka, menyarankan solusi, dan menyusun kesimpulan atau rekomendasi. Selain itu, sesi Tanya jawab juga dibutuhkan agar audiens memahami betul inti dari presentasi tersebut sehingga sesi Tanya jawab membantu pembicara mencapai tujuan presentasi.

7. Apakah kelebihan handout sebagai salah satu visual aid dan kapan sebaiknya digunakan ?
Jawab :
·         Kelebihan media handout adalah memungkinkan pembicara untuk mempersiapkan, baik visual aid tulisan maupun grafik ke dalam tulisan kemudian digandakan dan dibagikan kepada audiens (biasanya sebelum presentasi dimulai). Sehingga sembari mendengarkan presentasi, audiens dapat melihat handout berupa ringkasan materi presentasi, kesimpulan, dan grafik-grafik yang membantu pemahaman audiens.
·         Media handout sebaiknya digunakan apabila jumlah audiens yang hadir berjumlah banyak orang sehingga akan memberikan pegangan kepada audiens mengenai materi yang akan dipresentasikan.

8. Jelaskan keterampilan praktis dalam presentasi !
Jawab :
Disamping persiapan dalam hal materi dan media, pembicara perlu memperhatikan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan presentasi. Faktor-faktor tersebut antara lain :
1. Cara berpakaian
Cara berpakaian menentukan kredibilitas pembicara. Selain itu, cara berpakaian juga menentukan citra diri orang tersebut.
2. Pandangan mata
Untuk menunjukkan etika dan kewibawaan, pembicara harus memandang ke arah audiens. Tidak dibenarkan untuk memandang ke lantai atau pada catatan secara terus-menerus pada saat berbicara.


loading...

No comments:

Post a Comment