Monday 16 April 2018

Kumpulan Soal dan Jawaban Manajemen Perbankan (Bagian I)


 “Soal-Soal Manajemen Perbankan”

1. Jelaskan apa itu Bank dan uraikan apa itu manajemen perbankan!
Jawab : Pengertian Bank Menurut UU nomor 10 tahun 1998 tentang perbankan Bank adalah badan usaha yang kegiatan utamanya menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk jasa-jasa lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Pengertian Bank secara sederhana Bank adalah lembaga keuangan yang kegiatan utamanya adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut ke masyarakat serta memberikan jasa bank lainnya. Manajemen perbankan adalah bagaimana mengelola kegiatan perbankan dalam menghimpun dana (funding), menyalurkan dana (lending), dan jasa-jasa lainnya secara profesional dan simultan, sehingga dapat menghasilkan laba yang maksimal. Manajemen perbankan adalah ilmu dan seni dalam mengatur kegiatan pengumpulan dana, penyaluran kredit dan pelaksanaan lalu lintas pembayaran agar efektif mencapai tujuan. 

2. Jelaskan jenis-jenis bank! 

Jawab :
A. Dari segi fungsi: 
• Bank umum Bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Contoh : BCA,BRI,CIMB NIAGA 
• Bank perkreditan rakyat (BPR) Bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran, tetapi kegiatannya hanya meliputi kegiatan penghimpunan dan penyaluran dana saja, bahkan dalam menghimpun dana dilarang untuk menerima simpanan giro dan dilarang untuk ikut kliring serta transaksi valuta asing. Contoh : BPR
 • Bank Sentral Bank yang tidak bersifat komersial bertujuan untuk mencapai dan memelihara kestabilan rupiah. Contoh : Bank Indonesia 
B. Dari segi kepemilikan: 
• Bank pemerintah Bank yang kepemilikan saham sepenuhnya dimiliki oleh pemerintah. Contoh : BTN, Mandiri, BNI, BRI 
• Bank swasta nasional Bank yang kepemilikan sahamnya dimiliki oleh pihak swasta warga negara indonesia. Contoh : BCA 
• Bank milik asing Bank cabang dari Bank yang ada diluar negeri, baik milik swasta asing maupun pemerintah asing suatu negara. Contoh : Bank Of Tokyo 
• Bank milik campuran Bank yang kepemilikan sahamnya dimiliki oleh pihak asing dan pihak swasta nasional, mayoritas dipegang oleh warga negara indonesia. Contoh : Mitsubishi Buana 
C. Dari segi status: 
• Devisa Bank yang dapat melakukan transaksi ke luar negeri atau yang berhubungan dengan mata uang asing secara keseluruhan, misalnya transfer keluar negeri, inkaso luar negeri, travellers cheque, pembayaran Letter of Credit, dan transaksi luar negeri lainnya. 
• Non devisa Bank yang belum mempunyai izin untuk melaksanakan transaksi sebagai Bank devisa sehingga tidak dapat melaksanakan transaksi seperti halnya Bank devisa. 
D. Dari segi cara menentukan harga
• Bank yang berdasarkan prinsip konvensional Dalam rangka mencari keuntungan, Bank menggunakan dua metode yaitu: Menetapkan bunga sebagai harga jual, baik untuk produk simpanan giro, tabungan, dan deposito. Untuk jasa-jasa Bank lainnya perbankan konvensional menggunakan berbagai biaya dalam nominal atau presentase tertentu seperti biaya administrasi, biaya provisi, sewa, iuran, dan biaya-biaya lainnya. 
• Bank yang berdasarkan prinsip syariah a) Penentuan harga bagi bank yang berdasarkan prinsip syariah: b) Pembiayaan berdasarkan prinsip bagi hasil (mudharabah) c) Pembiayaan berdasarkan prinsip penyertaan modal (musharakah) d) Prinsip jual beli barang dengan memperoleh keuntungan (murabahah) e) Pembiayaan barang modal berdasarkan sewa murni tanpa pilihan (ijarah) f) Atau dengan adanya pilihan pemindahan kepemilikan atas barang yang disewa dari pihak Bank oleh pihak lain (ijarah waiqtina) 
3. Jelaskan sumber dana bank! 
Jawab : 
1. Dana yang bersumber dari bank itu sendiri Modal sendiri maksudnya adalah modal setoran dari para pemegang sahamnya. Apabila saham belum habis terjual, sedangkan kebutuhan dana masih perlu, maka pencariannya dapat dilakukan dengan menjual saham kepada pemegang saham lama. Akan tetapi jika tujuan perusahaan untuk melakukan ekspansi, maka perusahaan dapat mengeluarkan saham baru dan menjual saham baru tersebut di pasar modal. Di samping itu pihak perbankan dapat pula menggunakan cadangan-cadangan laba yang belum digunakan. Secara besar dapat disimpulkan pencarian dana sendiri terdiri dari :
 • Setoran modal dari pemegang saham 
 • Cadangan-cadangan bank, maksudnya adlah cadangan-cadangan laba pada tahun lalu yang tidak dibagi kepada para pemegang sahamnya. Cadangan ini sengaja disediakan untuk mengantisipasi laba tahun yang akan datang. 
 • Laba bank yang belum dibagi, merupakan laba yang memang belum dibagikan pada tahun yang bersangkutan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai modal untuk sementara waktu Keuntungan dari sumber dana sendiri adalah tidak perlu membayar bunga yang relatif lebih besar daripada jika meminjam ke lembaga lain. 
2. Dana yang berasal dari masyarakat luas Sumber dana ini merupakan sumber dana terpenting bagi kegiatan operasi bank dan merupakan ukuran keberhasilan bank jika mampu membiayai operasinya dari sumber dana ini. Pencarian dana dari sumber ini relatif paling mudah jika dibandingkan dengan sumber lainnya dan pencarian dana dari sumber dana ini paling dominan, asalkan bank dapat memberikan bunga dan fasilitas menarik lainnya. Akan tetapi pencarian sumber dana dari sumber ini relatif lebih mahal jika dibandingkan dari dana sendiri. Adapun sumber dana dari masyarakat luas dapat dilakukan dalam bentuk simpanan giro, simpanan tabungan, dan simpanan deposito. Dimana simpanan giro merupakan dana murah bagi bank karena bunga atau balas jasa yang dibayar paling murah jika dibandingkan simpanan tabungan dan simpanan deposito. 
3. Dana yang bersumber dari lembaga lainnya Sumber dana yang ketiga ini merupakan tambahan jika bank mengalami kesulitan dalam pencarian sumber dana pertama dan kedua di atas. Pencarian dari sumber dana ini relaitif lebih mahal dan sifatnya hanya semntara waktu saja. Kemudian dana yang diperoleh dari sumber ini digunakan untuk membiayai atau membayar transaksi-transaksi tertentu. Perolehan dana dari sumber ini antara lain dapat diperoleh dari : Kredit likuiditas dari Bank Indonesia, merupakan kredit yang diberikan bank Indonesia kepada bank-bank yang mengalami kesulitan likuiditasnya. Kredit likuiditas ini juga diberikan kepada pembiayaan sector-sektor tertentu. v Pinjaman antar bank (call money) biasanya pinjaman ini diberikan kepada bank-bank yang mengalami kalah kliring di dalam lembaga kliring.Pinjaman ini bersifat jangka pendek dengan bunga yang relatif tinggi. v Pinjaman dari bank-bank luar negeri. Merupakan pinjaman yang diperoleh oleh perbankkan dari pihak luar negeri. v Dan yang lainnya 


 4. Sebutkan kegiatan-kegiatan perbankan! 
Jawab :  
1. Menghimpun dana: 
• Rekening giro 
• Rekening tabungan 
• Rekening deposito 

2. Menyalurkan dana:
• Kredit investasi 
• Kredit modal kerja 
• Kredit produktif 
• Kredit perdagangan 
• Kredit konsumtif 

3. Kegiatan jasa-jasa bank lainnya:
 • Menerima setoran (tagihan air, listrik, telepon, dll) 
 • Menerima pembayaran (pembayaran gaji, pensiun, hadiah) 
 • Jasa pengiriman uang (transfer) 
 • Jasa penagihan (inkaso) 
 • Jasa kliring (clearing) 
 • Jasa penjualan mata uang asing (valas) 
 • Safe deposit nox 
 • Jasa cek wisata (traveller cheque) 
 • Jasa kartu kredit (Bank card) 
 • Jasa-jasa diperdagangan modal 
 • Jasa Letter of Credit (L/C) 
 • Bank garansi dan Referensi Bank 

5. Jelaskan pengertian spread based dan fee based!
Jawab:
Manakah yang lebih menguntungkan bagi perusahaan? Spread based adalah selisih dari bunga pinjaman yang dibebankan kepada kreditur lebih tinggi dari bunga simpanan yang ditawarkan kepada nasabah. Fee based adalah keuntungan dari jasa-jasa bank lainnya seperti biaya administrasi, komisi, sewa, dan biaya-biaya lainnya. Keuntungan utama perbankan diperoleh dari spread base karena keuntungan yang didapatkan dari spread based berasal dari keuntungan kegiatan operasional bank. Sebenarnya pada dasarnya keduanya cukup memberikan keuntungan bagi bank namun yang paling besar dan signifikan adalah Spread Based. 

Baca Juga :
Kumpulan Soal dan Jawaban Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya (Bagian I)
Kumpulan Soal dan Jawaban Manajemen Perbankan (Bagian III)
Kumpulan Soal dan Jawaban Manajemen Perbankan (Bagian IV)
Kumpulan Soal dan Jawaban Manajemen Perbankan (Bagian V)
Kumpulan Soal dan Jawaban Manajemen Perbankan (Bagian VI)

6. Jelaskan yang anda ketahui tentang teknik CAMEL! 

Jawab: 
Teknikpenilaian dengan metode CAMELS Penilaian tingkat kesehatan bank di Indonesiasampai saat ini secara garis besar didasarkan pada faktor CAMEL. Seiring denganpenerapan risk based supervision, penilaian tingkat kesehatan juga memerlukanpenyempurnaan. Saat ini BI tengah mempersiapkan penyempurnaan sistem penilaianbank yang baru, yang memperhitungkan sensitivity to market risk atau risikopasar. Sebagai contoh, suatu bank yang mengalami masalah likuiditas (meskipunbank tersebut modalnya cukup, selalu untung, dikelola dengan baik, kualitasaktiva produktifnya baik) maka apabila permasalahan tidak segera dapat diatasimaka dapat dipastikan bank tersebut akan menjadi tidak sehat. Pada waktuterjadi krisis perbankan di Indonesia sebetulnya tidak semua bank dalam kondisitidak sehat, tetapi karena terjadi rush dan mengalami kesulitan likuiditas,maka sejumlah bank yang sebenarnya sehat menjadi tidak sehat. Meskipun secaraumum faktor CAMEL relevan dipergunakan untuk semua bank, tetapi bobotmasing-masing faktor akan berbeda untuk masing-masing jenis bank. Dengan dasarini, maka penggunaan faktor CAMEL dalam penilaian tingkat kesehatan dibedakanantara bank umum dan BPR. Bobot masing-masing faktor CAMEL untuk bank umum danBPR ditetapkan sebagai berikut: Perbedaan penilaian tingkat kesehatan antarabank umum dan BPR hanya pada bobot masing-masing faktor CAMEL. Pelaksanaanpenilaian selanjutnya dilakukan sama tanpa ada pembedaan antara bank umum danBPR. Dalam uraian berikut, yang dimaksud dengan penilaian bank adalah penilaianbank umum dan BPR. Dalam melakukan penilaian atas tingkat kesehatan bank padadasarnya dilakukan dengan pendekatan kualitatif atas berbagai faktor yangberpengaruh terhadap kondisi dan perkembangan suatu bank. Pendekatan tersebutdilakukan dengan menilai faktor-faktor permodalan, kualitas aktiva produktif,manajemen, rentabilitas dan likuiditas. Pada tahap awal penilaian tingkatkesehatan suatu bank dilakukan dengan melakukan kuantifikasi atas komponen darimasing-masing factor tersebut. Faktor dan komponen tersebut selanjutnya diberisuatu bobot sesuai dengan besarnya pengaruh terhadap kesahatan suatu bank.Selanjutnya, penilaian faktor dan komponen dilakukan dengan system kredit yangdinyatakan dalam nilai kredit antara 0 sampai 100. Hasil penilaian atas dasarbobot dan nilai kredit selanjutnya dikurangi dengan nilai kredit ataspelaksanaan ketentuan-ketentuan yang lain sanksinya dikaitkan dengan tingkatkesehatan bank. Berdasarkan kuantifikasi atas komponen-komponen sebagaimanadiuraikan diatas, selanjutnya masih dievaluasi lagi dengan memperhatikaninformasi dan aspek-aspek lain yang secara materiil dapat berpengaruh terhadapperkembangan masing-masing faktor. Pada akhirnya, akan diperoleh suatu angkayang dapat menentukan predikat tingkat kesehatan bank, yaitu Sehat, CukupSehat, Kurang Sehat dan Tidak Sehat.

7. Dalam Mengelola Aset menurut Hampel H. George, Coleman&Simonson dinyatakan bahwa pada umumnya bank-bank umum mengikuti empat urutan langkah untuk penggunaan dana yang dimiliki,Sebutkan empat langkah tersebut?
Jawab:
Ø  Dana yang dimaksud pertama-tamaharus disisihkan untuk memenuhi legal reserve requipment.
Ø  Harus diadakan pancadangan untukpemenuhan keperluan likuiditas (diluar legal reserve requipment ).
Ø  Memenuhi kebutuhan-kebutuhan kreditoleh para nasabahnya
Sisanya diinvestasikan dalamportofolio sekuritas.

8. Dalam Manajemen Valuta Asing ada penyebutan namanya Margin Trading,coba jelaskan dan berikan contoh dari Margin Trading?
Jawab:
Pengertian:
Penggunaan dana pinjaman untuk membeli efek dan untuk memperbesar keuntungandengan mengurangi jumlah modal yang harus disetor investor.

Dalam hal margin trading, efek yang paling populer adalah saham.


Pada negara yang sudah mengatur Margin trading, nilai margin minimum( Marginrequirement) selalu diatur.

Margin trading harus disetujui perusahaan efek, dan setelah transaksi dilakukanperusahaan efek akan menahan saham yang dibeli sebagai jaminan.

TRANSAKSI MARGIN TRADING
l Pemberian pinjaman sebesar (100%- margin requirement)
Contoh transaksi:
Seorang investor ingin membeli saham PT XXX sebanyak 20 lot, atau 10.000 lembar saham. Harga saham sekarang adalah Rp 9.550 per lembar saham. Besarnya margin yang diberikan perusahaan efek adalah 30% berapa besarnya dana yang harus dikeluarkan investor dan berapa besar modal yang dipinjam dari perusahaan efek?
Total transaksi = Rp 9.550 X 10.000 lembar saham
= Rp 95.500.000
Modal sendiri = 30% X Rp 95.500.000
= Rp 28.650.000
Modal Pinjaman (100%-30%) = 70% X Rp 95.500.000
= Rp 66.850.000

9. Dalam Sistem Perbankan ada yang namanya Kantor Payment Point(external),apa penjelasan mengenai Kantor Payment Point (external?
Jawab:
Yaitu kantor bank yangberada di luar lokasi kantor cabang dan hanya dapat menerima setoran kas.Kantor ini biasanya di pakai sebagai tempat penerimaan pembayaran rekeninglistrik dan telepon.

10. Sebutkan tugas dan tanggung jawab bagian kas?
Jawab:
Tugas dan tanggung jawab bagian kas adalah sebagai berikut:
a.            Menjalankan segala peraturan/ketentuan dan proseduryang telah digariskan oleh manajemen bank atau Bank Indonesia.
b.            Memonitor kegiatan pelayanan kas dan menjamin arus kerjadan arus dokumen.
c.            Menjaga mutu pelayanan tetap tinggi.
d.            Meneliti dan melegalisir hasil-hasil kerja rutin kegiatan kas sebelum diajukan ke bagian akuntansi.
e.            Memelihara alat likuiditas bank dan memberikan laporan kepada manajer.
f.              Menghitung penerimaan/ pembayaran tunai dari atau kepada nasabah secara terperinci berdasarkan surat berharga yang berlaku.
g.            Melakukan pencatatan dalam buku tentang hal-hal yang menyangkut kegiatan kas seperti:
-          pembayaran semua biaya-biaya operasional/non­operasional
-          menerima setoran tunai, house check, cek kliring
h.            Menjaga keamanan uang tunai


“MANAJEMEN PERBANKAN”
    1. Apa persamaan dari LKB & LKBB ?
Jawab: Kedua lembaga keuangan ini sama – sama ikut melancarkan pertukaranproduk dengan     uang & instrumenkredit yang membantu melancarkan dana penabung kepada pengusaha.

2 2. Apa yang dimaksud dengan pool of funds approach ?
Jawab: Pool of funds approach merupakan suatu konsep pengelolaan danatunggal, tanpa melihat variabilitas karakteristik dana yang dihimpun oleh bank.

   3. Sebutkan yang termasuk modal utama !
            -Saham preference percuale
            -Surplus modal
            -Profit yang tidak dibagikan
            -Cadangan konsidensi & cadangan modal lain
            -Intermain mandatory dan
            -Cadangan kerugian piutang.

   4.  Apa fungsi dari perencanaan aliran dana ?
Jawab: Untuk mengetahui kemampuan bank dalam memenuhi kewajibannya masakini dangan melakukan prediksi atas kebutuhan dana di waktu mendatang.

   5. Apa saja pertimbangan yang digunakan dalam menilai permintaan kredit ?
Jawab: -Tujuan dari penggunaan kredit
            -Pengaruh pemberian kredit terhadap perkembangan makro ekonomi suatu negara
            -Pengaruh pemberian kredit terhadap kelangsungan hidup perusahaan
            -Kemampuan perusahaan dalam pengembalian kredit & bunga yang diperhitungkan
            -Riwayat calon debitur
            -Ketergantungan perusahaan terhadap jasa konsutan
            -Keterbukaan atau kejujuran calon debitur
            -Adanya keinginan dari debitur untuk mempercepat proses pemutusan kredit
            -Permohonan atau pemberian kredit yang tidak sesuai dengan kebutuhan sesungguhnya
            -Persoalan manajemen perusahaan
            -Kondisi dan potensi perusahaan
            -Menghitung rating resiko manajemen
-Menghitung rating resiko industry
-Reference level pengalaman perusahaan sendiri
-Reference level rata-rata.

6. Sumber-sumber informasi apa saja yang digunakan pada bank untuk mengetatuhui posisi debitur-debitur lainnya dalam mempelajari kalau sewaktu-waktu jaminan pinjaman debitur tidak dilunasi pada bank ?
Jawab: -Industri atau pesaing-pesaing debitur
            -Trade and other creditor yang digunakan
            -Nasabah-nasabah lainnya yang kenal akan debitur bersangkutan
            -Instansi-instansi dan lembaga-lembaga lainnya.

 7. Karakteristik kredit dan pinjaman dibagi menjadi 5, salah satunya tipe kredit . Sebutkan apa saja itu ?
Jawab: -Kredit perdagangan
            -Kredit perindustrian
            -Kredit pertanian
            -Kredit perumahan
            -Kredit konsumsi
            -Kredit profesi.

8. Didalam ciri-ciri dari margin trading salah satunya adalah non-delivery . Jelaskan maksudnya ?
Jawab: Ada margin trading tidak pernah dilakukan penyerahan dana secaranyata hingga transaksi yang dilakukan selalu sepasang . Jika beli harus ditutupdengan jual dan jika harus ditutup dengan beli , yang diserahkan secara merataadalah laba/rugi nasabah tersebut.

9 9. Pro dan kontra dalam pengembangan jaringan cabang pasti ada . Jika setuju  apa argumentasi tersendiri yang biasanya ?
Jawab: -Jaringan cabang yang luas memungkinkan suatu bank menjual jasa kepada lebih banyak     nasabah pada lokasi yang berbeda.
            -Jaringancabang yang luas memungkinkan bank mendiversifikasi  sumber & penggunaan dana.

        10. Apa tujuan diterapkannya ALMA?
Jawab: ALMA bertujuan agar bank tetap mencapai laba maksimal dengan tetap memenuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh bank sentral, misalnya peraturan mengenai reserve requirement.



SOAL dan JAWABAN MANAJEMEN PERBANKAN
1.      Apa yang dimaksud dengan Deposit Berjangka ?
= simpanan yang penarikan nya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu menurut perjanjian antara deposan ( penitip dana ) dengan bank yang bersangkutan.

2.      Sebutkan bentuk – bentuk risiko yang dihadapi bank ?
= (1) Risiko Kredit; (2) Risiko Investasi; (3) Risiko Likuiditas; (4) Risiko Operasional; (5) Risiko Management; (6) Risiko Kepercayaan; (7) Risiko Tingkat Bunga

3.      Apa saja yang menjadi sumber likuiditas bank ?
= (1) Aset Bank yang akan segera jatuh tempo; (2) Pasar Uang; (3) Sindikaasi Kredit; (4) cadangan likuiditas; (5) sumber dana yang sifatnya last resort

4.      Bagaimana penjelasan kredit menurut Undang – Undang Perbankan No. 10 tahun 1998 ?
= kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat di samakan dengan itu berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam – meminjam antara bank dengan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setrelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga

5.      Bagaimana mencegah terjadinya kredit bermasalah dan kerugian bank ?
= (1) pemberian saran; (2) penambuhan modal; (3) merjer; (4) pengurangan rencana perluasan; (5) mendorong penagihan piutang yang lamban; (6) meningkatkan pengendalian persediaan; (7) dapatkan jaminan tambahan; (8) memperoleh jaminan; (9) restrukturisasi utang; (10) menambah jumlah kredit
6.      Apa yang dimaksud dengan pasar valuta asing ?
= tempat dimana terjadi permintaan dan penawaran atau jual beli valuta asing yang dilakukan secara OTC (over the counter) yaitu melalui desk masing – masing bank / lembaga keuangan lainnya dan biasanya melalui dealing room
7.      Apa yang dimaksuddengankantorcabangpenuh ?
= suatu kantor bank yang biasanya dapat menjual produk perbankan secara lengkap.
8.      Apa yang dimaksuddengan dealing room ?
= suatu tempat yang dilengkapi peralatan canggih sebagai alat untuk memudahkan melakukan deal atau tranding
9.      Apa saja tugas cash officer ?
= (1) melaksanakan operasi pelayanan transaksi di bagian kas; (2) melaksanakan policy pimpinan dalam bidang operasi
10.  Bagaimana ciri – ciri pelayanan yang baik untuk nasabah ?

= (1) sarana physic; (2) tanggungjawab; (3) responsive; (4) komunikatif; (5) keamanan; (6) kecakapan; (7) pemahaman; (8) keramahan; (9) hubungan.

SOAL DAN JAWABAN


1.      Sebutkan apa saja resiko-resiko dalam usaha perbankan !

·         Resiko likuiditas (liquidity risk)

·         Resiko tingkat bunga (credit risk)

·         Resiko manajemen (management risk)

·         Resiko investasi (investmen risk)

·         Resiko operasi (operating risk)

·         Resiko fidusia (fiduciary risk)

·         Resiko keamanan (solvency risk)

·         Resiko pendapatan (earning risk)

·         Resiko pasar (market risk)



2.      Sebutkan dan jelaskan penetapan harga simpanan pasiva neraca bank dari segi biaya/harga ?

ü  Interest hearing liabilities                   : instrumen sumber dana yang untuk         
 Memperoleh nya harus membayar Bunga
ü  Non interest bearing liabilities           : instrumen sumber dana yang untuk
                                                                    memperolehnya bank tidak perlu
                                                                    membayar buga

3.      Apa yang dimaksud dengan modal disetor ?
Modal yang telah disetor secara efektif oleh pemilik bank,yaitu berbentuk koperasi, maka modal disetor terdiri atas simpanan pokok dan simpanan wajib.

4.      Apa yang dimaksud dengan Loan To Deposit Ratio ?
Pengukuran tradisional yang menunjukan deposito berjangka,giro,tabungan, dan lain-lain yang digunakan dalam memenuhi permohonan pinjaman (Ioan Request)

5.      Apa saja fungsi dari kredit bank ?
§  Meningkatkan daya guna dari uang
§  Meningkatkan daya guna dari barang
§  Sebagai alat stabilitas ekonomi
§  Meningkatkan kegairahan usaha masyarakat
§  Meningkatkan pendapatan nasional
§  Meingkatkan hubungan internasional 

6.       Apa yang dimaksud dengan SOMASI dalam langkah-langkah bank untuk melakukan penagihan kredit macet ?
Somasi untuk mengukuhkan bahwa debitur benar-benar telah melakukan cedera janji (wanprestasi) terhadap bank.

7.       Apa yang dimaksud dengan credit risk dan purchased power risk ?
ü  Credit risk                            : resiko jika penerbit sekuritas tidak membayar pinjamannya
                                            pada saat jatuh tempo hal ini selalu melekat pada obligasi
                                            yang tidak dikeluarkan oleh pemerintah
ü  Purchased power risk     :  resiko yang mungkin timbul karena berubahnya daya beli
                                            dana yang ditanamkan pada portofolio sekuritas yang di
                                            maksud.

8.       Apa saja pihak-pihak yang terlibat dalam pasar valas ?
·         Bank sentral (central bank)
·         Bank umum (commercial bank)
·         Lembaga keuangan (financial institutions)
·         Perusahaan-perusahaan besar (multinational coorporation)
·         Perorangan-perorangan (individuals)
·         Pemerintah (government)
·         Investmen/merchant banks

9.       Sebutkan pola-pola yang dianut dalam memberikan kewenangan ?
v  Dalam pengambilan keputusan yang bersifat operasional
v  Pola penataan administrasi cabang
v  Pola kebijaksanaan harian, dan
v  Pola hubungan kekaryaan
10.       Jelaskan yang dimaksud dengan Exchange Rate Risk ?
Bentuk resiko yang timbul sebagai konsekuensi adanya fluktuasi nilai kurs. Guna menghindari exchange risk biasanya bank menetapkan suatu kebijakan untuk mengatur sampai seberapa jauh exchange rate risk yang bisa diterima dalam bentuk pengaturan limit open position atau disebut juga pengaturan currency exposure. 

loading...

1 comment: