Monday 19 November 2018

Soal Dan Jawaban Uang (Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya)



1. Jelaskan pengertian serta kriteria sesuatu dapat dianggap sebagai uang.
Jawab :
- Pengertian uang secara luas adalah sesuatu yang dapat diterima secara umum sebagai alat pembayaran dalam suatu wilayah tertentu atau sebagai alat pembayaran utang atau sebagai alat untuk melakukan pembelian barang dan jasa. Dengan kata lain, bahwa uang merupakan alat yang dapat digunakan dalam melakukan pertukaran baik barang maupun jasa dalam suatu wilayah tertentu saja.
- Kriteria sesuatu dianggap sebagai uang :

a. Ada jaminan
Setiap uang yang diterbitkan dijamin oleh pemerintah suatu negara tertentu. Dengan adanya jaminan dari pemerintah tertentu, maka kepercayaan untuk menggunakan uang untuk berbagai keperluan mendapat kepercayaan dari masyarakat luas.
b. Disukai umum
Artinya uang harus dapat diterima secara umum penggunaannya apakah sebagai alat tukar, penimbun kekayaan atau sebagai standar pencicilan utang.
c. Nilai yang stabil
Nilai uang harus memiliki kestabilan dan ketetapan serta diusahakan fluktuasinya sekecil mungkin. Apabila nilai uang sering mengalami ketidakstabilan, maka akan sulit dipercaya oleh orang yang menggunakannya.
d. Mudah disimpan
Uang harus mudah disimpan di berbagai tempat termasuk dalam tempat yang kecil, namun dalam jumlah yang besar. Artinya uang harus memiliki fleksibilitas, seperti bentuk fisiknya yang tidak terlalu besar, mudah dilipat dan terdapat nominal mulai dari yang kecil sampai nominal yang maksimal.
e. Mudah dibawa
Uang harus mudah dibawa kemanapun dengan kata lain mudah untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain atau dari satu tangan ke tangan lain dengan fisik kecil dan nominal besar sekalipun.
f. Tidak mudah rusak
Uang hendaknya tidak mudah rusak dalam berbagai kondisi, baik robek atau luntur terutama kondisi fisiknya mengingat frekuensi pemindahan uang dari satu tangan ke tangan lainnya demikian besar.
g. Mudah dibagi
Uang mudah dibagi ke dalam satuan niat tertentu dengan berbagai nominal yang ada guna kelancaran dalam melakukan transaksi, mulai dari nominal kecil sampai dengan nominal besar sekalipun.
h. Suplai harus elastis
Agar perdagangan dan usaha menjadi lancar jumlah uang yang beredar di masyarakat haruslan mencukupi. Tersedianya uang dalam jumlah yang cukup disesuaikan dengan kondisi usaha atau kondisi perekonomian suatu willayah.

2. Jelaskan fungsi uang sebagai alat tukar-menukar, penimbun kekayaan dan sebagai satuan hitung, bila perlu dengan contoh.
Jawab :
1. Alat tukar-menukar
Dalam hal ini uang digunakan sebagai alat untuk membeli atau menjual suatu barang maupun jasa. Dengan kata lain, uang dapat dilakukan untuk membayar terhadap barang yang akan dibeli atau diterima sebagai akibat dari penjualan barang dan jasa.
2. Satuan hitung
Fungsi uang sebagai satuan hitung menunjukkan nilai dari barang dan jasa yang dijual atau dibeli. Besar kecilnya nilai yang dijadikan sebagai satuan hitung dalam menentukan harga barang dan jasa secara mudah. Dengan adanya uang akan mempermudah keseragaman dalam satuan hitung.
3. Penimbun kekayaan
Dengan menyimpan uang berarti kita menyimpan atau menimbun kekayaan sejumlah uang yang disimpan, karena nilai uang tersebut tidak akan berubah. Uang yang disimpan menjadi kekayaan berupa uang tunai atau uang yang disimpan di bank dalam bentuk rekening.
4. Standar pencicilan utang
Dengan adanya uang akan mempermudah menentukan standar pencicilan utang secara cepat dan tepat, baik secara tunai maupun angsuran.

3. Uraikan jenis-jenis uang yang anda ketahui jika dilihat dari berbagai segi, baik nilai, bahan maupun kawasan.
Jawab :
1. Berdasarkan bahan
Jika dilihat dari bahan untuk membuat uang maka jenis uang terdiri dari 2 macam, yaitu :
a. Uang logam, merupakan uang dalam bentuk koin yang terbuat dari logam, baik dari aluminium, kupronikel, bronze, emas, perak, perunggu atau bahan lainnya. Di Indonesia uang logam terdiri dari pecahan Rp100, Rp200, Rp500 maupun Rp1.000
b. Uang kertas, merupakan uang yang bahannya terbuat dari kertas atau bahan lainnya. Uang dari bahan kertas biasanya dalam nominal besar sehingga mudah dibawa untuk keperluan sehari-hari. Uang jenis ini terbuat dari kertas yang berkualitas tinggi, yaitu tahan terhadap air, tidak mudah robek, atau luntur. Pecahan uang kertas di Indonesia terdiri dari Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, dll
2. Berdasarkan nilai
Jenis uang ini dilihat dari nilai yang terkandung pada uang tersebut, apakah nilai intrinsiknya (bahan uang) atau nilai nominalnya (nilai yang tertera dalam uang tersebut). Uang jenis ini terbagi dalam 2 jenis, yaitu :
a. Bernilai penuh (full bodied money), merupakan nilai uang yang nilai intrinsiknya sama dengan nilai nominalnya, sebagai contoh uang logam, dimana nilai bahan untuk membuat uang tersebut sama dengan nominal yang tertulis di uang.
b. Tidak bernilai penuh (representative full bodied money), merupakan uang yang nilai intrinsiknya lebih kecil dari nilai nominalnya. Sebagai contoh uang yang terbuat dari kertas. Uang jenis ini sering disebut uang bertanda atau token money.
4. Berdasarkan kawasan
Uang jenis ini dilihat dari daerah atau wilayah berlakunya suatu uang. Artinya bisa saja suatu jenis mata uang hanya berlaku dalam satu wilayah tertentu dan tidak berlaku di daerah lainnya. Jenis uang berdasarkan kawasan adalah sebagai berikut :
a. Uang lokal, merupakan uang yang berlaku di suatu negara tertentu, seperti Rupiah di Indonesia atau Yen di Jepang
b. Uang regional, merupakan uang yang berlaku di kawasan tertentu yang lebih luas dari uang lokal seperti untuk kawasan benua Eropa berlaku mata uang yaitu Euro

c. Uang internasional, merupakan uang yang berlaku antar negara seperti US Dollar dan menjadi standar pembayaran internasional.

4. Uraikan beberapa kendala jika suatu negara tidak memiliki mata uang.
Jawab :
Jika suatu negara tidak memiliki mata uang sebagai alat pembayaran yang sah, sudah pasti itu akan menimbulkan kendala baik dalam skala kecil maupun dalam skala  global yaitu kendala di dunia internasional. Salah satu kendala apabila negara tidak mempunyai alat pembayaran sendiri adalah negara tersebut tidak di akui secara  internasional dan untuk melakukan transaksi ekonomi dengan negara lain pasti akan kesulitan.
Kendala lainnya adalah perekonomian dalam negeri yang tidak akan stabil, mengapa demikian? Kalau sebuah negara tidak memiliki mata uang, maka negara tersebut akan bingung dalam menyusun APBNnya, bingung dalam menentukan harga barang, bingung dalam membayar gaji pegawai, dan sebagainya. Selain itu, jika suatu negara hanya mengandalkan mata uang asing sebagai alat pembayarannya, maka perkembangan ekonomi negara tersebut juga akan  dimonopoli oleh negara lain.
Jadi bagaimanapun mata uang itu sangat penting dalam suatu negara, tanpa adanya mata uang yang sah dari negara tersebut maka akan menimbulkan banyak permasalahan ekonomi yang bisa berupa masalah ekonomi dalam negeri maupun luar negeri.

Baca Juga :

Makalah Uang - Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya




5. Jelaskan fungsi Bank Indonesia dalam bidang percetakan uang terutama sekali uang kartal.
Jawab :
Bank Indonesia, sebagai satu-satunya lembaga yang berhak menciptakan uang kartal. Hak untuk menciptakan uang itu disebut dengan hak oktroi (UU No 13 tahun 1968). 
Fungsi Bank Indonesia adalah sebagai otoritas moneter bersama Departemen Keuangan Yang termasuk dalam system moneter adalah bank-bank dan lembaga-lembaga yang ikut menciptakan uang giral. Di Indonesia yang dapat digolongkan ke dalam system moneter adalah : 
a. Otoritas moneter yaitu Departemen keuangan dan Bank Indonesia 
b. Bank pencipta uang giral (BPUG) yaitu bank-bank yang diperkenankan menerima simpanan giro. 
Fungsi pokok system moneter adalah sebagai berikut : 
a. Menyelenggarakan mekanisme lalu lintas pembayaran yang efisien 
b. Melakukan fungsi intermediasi antara unit deficit dengan unitsurplus 

loading...

No comments:

Post a Comment