Sunday 6 May 2018

[Soal dan Jawaban] Komunikasi Dalam Bisnis



1. Jelaskan pengertian, ciri-ciri, dan tipe organisasi !
Jawab :
·         Organisasi adalah unit sosial yang dikoordinasikan secara sengaja, yang terdiri dari dua orang atau lebih, yang didirikan untuk jangka waktu yang lama
·         Ciri-ciri organisasi sebagai berikut :
1. Adanya pembagian tugas dan tanggung jawab : pembagian tugas dan tanggung jawab dimaksudkan untuk mempermudah pencapaian tujuan. Organisasi dibagi atas beberapa divisi, departemen atau bagian yang masing-masing memiliki tugas dan tanggung jawab.
2. Adanya pusat kekuasaan : pimpinan  merupakan pusat kekuasaan dalam suatu organisasi. Sebagai pusat kekuasaan, pimpinan akan menentukan pengawasan dan kepemimpinan.
3. Adanya substitusi sumber daya manusia : Dalam organisasi sering terjadi substitusi (pergantian) sumber daya manusia. Substitusi bisa terjadi karena mutase, promosi, meninggal dunia atau berhenti menjadi anggota organisasi tersebut.
4. Adanya ketergantungan anggota : sebagai suatu sistem, organisasi terdiri atas berbagai subsistem yang saling berhubungan. Aktivitas satu sama lain tidak bisa lepas dalam organisasi tersebut.
5. Adanya koordinasi antarkomponen : Antar komponen dalam organisasi selalu melakukan koordinasi, baik lisan atau tertulis.
6. Adanya interaksi yang berulang-ulang : Organisasi melakukan kegiatan yang berulang-ulang (kontinu) atau permanen. Oleh karena itu, interaksi juga terjadi berulang-ulang dan hanya akan berhenti bila organisasi tersebut bubar.

Untuk Memudahkan Membaca, Klik Disini Untuk Membuka Dalam Bentuk MS.WORD

·         Jika dilihat dari orientasi terhadap laba, organisasi dibagi atas dua tipe, yakni :
1. Organisasi yang berorientasi laba (profit oriented organization)
Organisasi tipe ini bertujuan memperoleh laba. Laba digunakan untuk membiayai operasi dan pengembangan organisasi. Dalam organisasi bisnis, pemilik menerima keuntungan ekonomi terbesar. Contohnya hotel, restoran, bank, toko, dan lain sebagainya.
2. Organisasi nirlaba (non-profit oriented organization)
Merupakan organisasi yang tidak berorientasi pada laba atau kegiatan yang dilakukan tidak semata-mata memperoleh laba. Dalam organisasi ini, pelanggan atau klien menerima keuntungan terbesar. Contohnya : rumah sakit, lembaga pendidikan, panti asuhan, LSM dan lain sebagainya.


2. Jelaskan fungsi komunikasi dalam organisasi !
Jawab :
1. Informatif : pimipinan dan anggota organisasi membutuhkan banyak sekali informasi untuk menyelesaikan tugas mereka. Informasi tersebut berkaitan dengan upaya organisasi untuk mencapai tujuannya.
2. Pengendalian (Regulatory) : komunikasi berfungsi sebagai pengatur dan pengendali organisasi. Komunikasi dalam hal ini berupa peraturan, prosedur, perintah dan laporan.
3. Persuasif : komunikasi berfungsi mengajak orang lain mengikuti atau menjalankan ide/gagasan atau tugas.
4. Integratif : dengan adanya komunikasi, organisasi yang terbagi menjadi beberapa bagian akan tetap merupakan satu kesatuan yang utuh dan terpadu.

3. Bagaimanakah saluran komunikasi dalam organisasi ?
Jawab :
Orang-orang didalam organisasi akan saling melakukan komunikasi. Komunikasi yang terjadi antara orang-orang di dalam organisasi disebut komunikasi internal. Di samping itu, organisasi juga perlu melakukan komunikasi dengan pihak luar, seperti pemasok, pelanggan kreditu, dan lainnya. Komunikasi yang terjadi dengan pihak luar disebut komunikasi eksternal. Maing-masing organisasi akan memilih caranya sendiri untuk menyampaikan informasi.

4. Bagaimana peranan saluran komunikasi informal dalam organisasi ?
Jawab :
Saluran komunikasi informal sangat berperan dalam organisasi, hal ini dikarenakan percakapan antar individu dalam organisasi tidak bisa dihindari. Percakapan tersebut biasanya menyangkut masalah pribadi, misalnya keadaan keluarga, kegemaran, keluhan dan lain sebagainya. Komunikasi informal sering disebut desas-desus, rumor, atau selentingan. Desas-desus biasanya berkembang aktif selama periode-periode perubahan atau ketika orang-orang mengalami ketakutan. Oleh karena itu, saluran komunikasi informal atau desas-desus atau rumor bisa berdampak negatif dan juga bisa positif.
5. Bagaimana karakteristik komunikasi bisnis ?
Jawab :
1. Pesan disusun untuk para audiens yang membutuhkan informasi
2. Pesan bisnis disusun dengan mempertimbangkan waktu dan biaya. Pesan bisnis disampaikan berdasarkan tingkat kepentingannya. Informasi yang penting biasanya memerlukan waktu yang singkat dan biaya yang mahal.
3. Pesan bisnis disusun untuk lebih dari satu tujuan
4. Walaupun terjadi hal-hal yang mengecewakan, pesan bisnis tetap disusun dengan baik untuk menjaga hubungan kerjasama dengan pihak lain terutama pelanggan
5. Pesan bisnis memperhatikan nada dan pengaruhnya terhadap audiens. Pilihan kata dan nada dalam bisnis diperhatikan sedemikian rupa untuk menghindari adanya pengaruh negatif terhadap audiens yang bisa merugikan perusahaan.

6. Kenapa pimpinan dan pegawai perlu meningkatkan keterampilan dalam berkomunikasi ?
Jawab :
Dalam kehidupan bisnis dalam era globalisasi dan perdagangan bebas saat ini, informasi mengalir dari dalam dan keluar perusahaan melampaui  batas-batas wilayah berbagai negara dan budaya. Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat juga memaksa perusahaan untuk selalu bersikap adaptif dan responsive. Perusahaan tidak dapat memilih untuk tidak menggunakan teknologi tinggi. Perusahaan dituntut mampu menyediakan dan mengkomunikasikan informasi yang relevan, tepat waktu dan akurat yang diperlukan oleh berbagai pihak dalam pengambilan keputusan. Itulah yang menyebabkan pimpinan dan pegawai perlu meningkatkan keterampilan mereka dalam berkomunikasi.

7. Apa yang dimaksud dengan etika komunikasi bisnis ?
Jawab :
Etika komunikasi bisnis adalah prinsip-prinsip yang dianut oleh perusahaan mengenai komunikasi mana yang baik dan mana yang tidak baik. Secara umum, etika komunikasi yang berlaku dalam perusahaan berhubungan dengan dapat dipercaya, fair, tidak memihak, menghargai hak orang lain dan mempertimbangkan pengaruh tindakan terhadapa orang lain.

8. Berikan beberapa contoh masalah yang berkaitan dengan perilaku etis dalam komunikasi bisnis !
Jawab :
·         Menerima atau menawarkan komisi
·         Mencuri dari perusahaan
·         Memberhentikan karyawan tanpa pemberitahuan
·         Membocorkan informasi atau rahasia perusahaan
·         Membangun perusahaan dalam perusahaan
·         Melakukan penipuan dan pemalsuan
·         Memperdagangkan barang haram

   
loading...

1 comment: