Wednesday 9 May 2018

[Soal dan Jawaban] Komunikasi Lintas Budaya



1. Apa yang dimaksud dengan budaya dan subbudaya ? Berikan contoh !
Jawab :
·         Budaya adalah simbol keyakinan, sikap, nilai, harapan, dan norma tingkah laku yang dimiliki bersama. Budaya juga diartikan sebagai konvensi-konvensi kebiasaan, sikap dan perilaku sekelompok orang (Heart, 2004 : 125)
Contoh budaya : Budaya Indonesia, Budaya Arab, Budaya China
·         Subbudaya adalah kelompok budaya yang cenderung homogen yang ada dalam suatu budaya utama
Contoh subbudaya : Budaya Indonesia terdiri atas berbagai subbudaya etnik Jawa, Sunda, Bali, Betawi, Sasak dan lain-lain


Klik Disini Untuk Membaca Dalam Bentuk MS.WORD

2. Jelaskan pentingnya komunikasi lintas budaya dalam bisnis !
Jawab :
Komuniakasi lintas budaya sangat penting dalam bisnis. Berkomunikasi dengan seseorang yang berbeda budayanya tidak mungkin dihindari, terlebih lagi dalam era globalisasi ini. Komunikasi bisnis lintas budaya adalah proses mengirim dan menerima pesan bisnis antar individu yang berbeda budaya. Komunikasi lintas budaya sangat penting untuk meningkatkan kerjasama perdagangan dan mengurangi halangan untuk memasuki pasar sehingga memperluas arena perdagangan internasional. Selain mempermudah hubungan bisnis, pemahaman terhadap budaya juga meningkatkan reputasi perusahaan.

3. Uraikan gambaran budaya yang berbeda di tempat kerja !
Jawab :
Misalnya di tempat kerja tersebut terdiri dari orang Jepang dan Indonesia. Orang Jepang terkenal dengan budayanya yang disiplin dan tepat waktu berbeda dengan budaya Indonesia yang kurang disiplin dan sering terlambat dalam mengerjakan pekerjaan maupun mengenai kedatangan/kehadiran.

4. Bagaimana budaya memengaruhi komunikasi ?
Jawab :
Budaya sangat mempengaruhi komunikasi. Ketika seseorang berkomunikasi, pada umumnya terdapat kecenderungan untuk menggunakan asumsi budayanya sendiri dan menganggap orang lain memiliki budaya, Bahasa, dan persepsi seperti dirinya. Misalnya orang batak dalam berkomunikasi terkenal dengan suara yang tegas, lugas, dan nyaring. Hal ini terjadi karena memang budaya yang sudah lama ada di suku tersebut. Sehingga bisa disimpulkan bahwa budaya dapat mempengaruhi seseorang dalam berkomunikasi.
5. Berikan beberapa contoh tingkah laku sosial dan sopan santun dari beberapa negara !
Jawab :
Di negara Arab, memberi hadiah kepada istri orang lain dianggap tidak sopan. Kemudian, di Amerika Serikat menaikan kaki ke atas meja dan memberikan sesuatu dengan tangan kiri dianggap biasa, tetapi dianggap sebagai penghinaan oleh orang Mesir. Di Spanyol, jabatan tangan berlangsung lima sampai tujuh kali ayunan, dan menarik tangan terlalu cepat bisa diartikan sebagai penolakan. Sementara di Prancis, orang lebih suka berjabat tangan hanya sekali ayunan. Tuan rumah negara Arab akan merasa dipermalukan apabila tamunya menolak makanan, minuman dan keramahtamahan.

6. Bagaimana cara mengatasi hambatan Bahasa ?
Jawab :
Cara mengatasi hambatan Bahasa adalah dengan mempelajari Bahasa Inggris sebagai Bahasa paling lazim dalam bisnis internasional. Namun, apabila berhubungan dengan orang yang sama sekali tidak mengerti Bahasa kita, ada 3 pilihan, yaitu mempelajari Bahasa mereka, menggunakan perantara atau penerjemah, atau mengajarkan kepada mereka Bahasa kita.

7. Mengapa suatu produk seringkali dilengkapi keterangan dalam berbagai bahasa ?
Jawab :
 Suatu produk yang sudah diekspor ke berbagai negara biasanya dilengkapi dalam berbagai bahasa karena untuk menjelaskan bahasa atau komposisi yang ada di dalam produk tersebut. Maupun untuk memberikan informasi yang mendetail tentang produk tersebut sehingga bisa dimengerti oleh pembelinya dari berbagai negara lain.

8. Apa yang dimaksud dengan budaya perusahaan ?
Jawab :
Budaya perusahaan adalah cara perusahaan melakukan sesuatu. Budaya membentuk perasaan orang mengenai perusahaan dan pekerjaan yang dilakukan, cara menginterpretasikan dan mengartikan tindakan yang dilakukan orang lain, harapan yang menyangkut perubahan dalam bisnis, dan bagaimana cara pandang terhadap perubahan tersebut. Lebih dari separuh kemitraan perusahaan gagal karena adanya  benturan budaya perusahaan.

9. Apa yang dimaksud dengan reaksi etnosentris ?
Jawab :
Etnnosentrisme adalah kecenderungan untuk menilai semua kelompok lain menurut standar, tingkah laku, dan tradisi kelompok sendiri serta memandang kelompok lain lebih rendah. Orang yang etnosentris sering berpandangan stereotip, yaitu berusaha memperkirakan tingkah laku atau karakter individu atas dasar keanggotaan mereka dalam kelompok atau kelas tertentu.
10. Bagaimana cara menghindari reaksi etnosentris ?
Jawab :
1. Menerapkan asas kesamaan
Tidak ada budaya inferior maupun superior. Selain itu, tidak ada budaya yang salah maupun yang paling benar. Pelaku komunikasi harus menghargai budaya pihak lain dan menerapkan budaya sendiri untuk kelompok sendiri.
2. Menerapkan kaidah emas
Kaidah emas adalah memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan . Cara itu relatif mudah dilakukan karena tidak perlu pemahaman terhadap nilai-nilai yang dianut orang lain.
3. Menerapkan kaidah timah
Kaidah timah adalah memperlakukan orang lain sebagaimana mereka memperlakukan diri mereka sendiri. Cara itu relatif lebih sulit dari kaidah emas karena harus memahami nilai-nilai yang dianut orang lain.

loading...

No comments:

Post a Comment