Monday 11 May 2020

Soal dan Jawaban Manajemen Pemasaran : Pemasaran Perusahaan dan Masyarakat

Soal dan Jawaban Manajemen Pemasaran : Pemasaran Perusahaan dan Masyarakat


1. Jelaskan pengertian pemasaran !
Jawab:
Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.


2. Jelaskan pengertian manajemen pemasaran !
Jawab:
Manajemen pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar tersebut serta menentukan harga, mengadakan komunikasi, dan distribusi yang efektif untuk memberitahu, mendorong, serta melayani pasar.

3. Sebutkan 3 elemen pokok dalam konsep pemasaran !
Jawab:
a. Orientasi konsumen/pasar/pembeli.
b. Volume penjualan yang menguntungkan.
c. Koordinasi dan integrase seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan.

4. Mengapa koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran diperlukan dalam perusahan ?
Jawab:
Koordinasi dan integrase seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan perlu dilakukan untuk memberikan kepuasan konsumen. Juga untuk menghindari adanya pertentangan di dalam perusahaan maupun antara perusahaan dengan pasarnya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa setiap orang dan setiap bagian dalam perusahaan turut berkecimpung dalam suatu usaha yang terkoordinir untuk memberikan kepuasan konsumen.

5. Jelaskan tujuan utama dari konsep pemasaran !
Jawab:
Tujuan dari konsep pemasaran adalah volume penjualan yang menguntungkan, artinya laba itu dapat diperoleh dengan melalui pemuasan konsumen. Dengan laba ini, perusahaan dapat tumbuh dan berkembang, dapat menggunakan kemampuan yang lebih besar, dapat memberikan tingkat kepuasan yang lebih besar pada konsumen, serta dapat memperkuan kondisi perekonomian secara keseluruhan.

6. Apa yang dimaksud dengan konsep pemasaran ?
Jawab:
Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.

7. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor dalam sistem pemasaran !
Jawab:
Faktor-faktor dalam sistem pemasaran :
a. Organisasi yang melakukan tugas-tugas pemasaran.
b. Sesuatu (barang, jasa, ide, orang) yang sedang dipasarkan.
c. Pasar yang dituju.
d. Para perantara yang membantu dalam pertukaran (arus) antara organisasi pemasaran dan pasarnya. Mereka ini adalah pengecer, pedagang besar, agen pengangkutan, lembaga keuangan, dan sebagainya.
e. Faktor-faktor lingkungan seperti demografi, kondisi perekonomian, faktor sosial dan kebuduyaan, kekuatan politik dan hukum, teknologi dan persaingan.

8. Apa yang dimaksud dengan sistem pemasaran ?
Jawab:
Sistem pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran barang, jasa, ide, orang dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pngaruh, dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.

9. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor lingkungan Makro Ekstern dalam Sistem Pemasaran perusahaan !
Jawab:
Faktor-faktor lingkungan makro ekstren ini saling berhubungan dan umumnya tidak dapat dikontrol oleh manajemen, yaitu :
a. Demografi
Demografi merupakan studi statistik tentang kependudukan beserta karakteristik distribusinya. Masalah demografi ini sangat penting bagi manajer pemasaran, karena orang-orang (asal mempunyai uang untuk berbelanja dan kemauan untuk membelanjakannya) dapat dinyatakan sebagai pasar.

b. Kondisi Perekonomian
Kondisi perekenomian (lingkungan ekonomi) merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi sistem pemasaran perusahaan (termasuk organisasi non-laba). Adapun beberapa elemen penting yang termasuk dalam kondisi perekonomian ini adalah :
- Faktor pertumbuhan ekonomi
- Tingkat kesenangan
- Peredaran uang
- Tekanan Inflasi

c. Faktor Sosial dan Kebudayaan
Lingkungan sosial dan kebudayaan ini kenyataannya mencakup pula faktor-faktor ekonomi, politik-hukum, dan teknologi. Bentuk dan sistem perekonomian, politik-hukum, dan teknologi sangat ditentukan oleh manusia beserta kebudayaannya. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan oleh manajer pemasaran dalam hal pola kebudayaan dari suatu masyarakat adalah :
- Cara hidup
- Nilai-nilai sosial
- Kepercayaan
- Kesenangan

d. Politik dan Hukum
Faktor-faktor lingkungan politik-hukum yang mempengaruhi kegiatan pemasaran ini dapat dikelompokkan ke dalam :
- Kebijaksanaan fiskal dan moneter dari pemerintah
- Hubungan pemerintah dengan industri
- Peraturan dan keadaan politik pada umumnya
- Peraturan khusus di bidang pemasaran yang ditujukan untuk mengatur persaingan dan melindungi konsumen.

e. Teknologi
Teknologi ini juga mempengaruhi kegiatan pemasaran karena dapat memberikan suatu akibat pada kehidupan konsumen, terutama cara hidup dan pola konsumsinya. Adanya penemuan-penemuan baru dan perkembangan di bidang teknologi, seseorang dapat mengubah cara hidupnya. Namun, perlu diingat bahwa penemuan baru di bidang teknologi juga dapat menimbulkan ketimpangan atau akibat buruk pada masyarakat.

f. Persaingan
Persaingan yang terjadi antara beberapa perusahaan dapat berasal dari perusahaan lain dalam satu industri, atau dari perusahaan lain yang menghasilkan barang atau jasa substitusi. Di dalam industrinya, perusahaan harus mengetahui struktur biaya, politik harga, promosi dan beberapa aspek persaingan lain yang dapat mempengaruhi perencanaan serta operasinya.

10. Sebutkan dan jelaskan dimensi - dimensi tanggung jawab perusahan !
Jawab:
Tanggungjawab-tanggung jawab dari perusahaan itu adalah :
a. Mendapatkan Laba
Tentu saja, tanggung jawab pertama dari perusahaan adalah menghasilkan laba supaya perusahaannya dapat terus beroperasi. Tanpa laba, perusahaan tidak dapat meneruskan untuk mengoperasikan karyawan atau tidak dapat menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan masyarakat. Laba tersebut merupakan imbalan bagi pemilik perusahaan yang menanam modal mereka pada perusahaan.

b. Memperhatikan Kesejahteraan Karyawan
Perusahaan juga bertanggung jawab untuk memperhatikan dan memelihara karyawannya. Ini berarti perusahaan diharapkan dapat memberikan kepuasan kepada karyawan, misalnya dengan :
- Memberikan upah/gaji yang layak
- Memelihara kondisi kerja yang baik
- Memberikan hak-hak kepada serikat pekerja untuk memperoleh kesempatan yang sama bagi setiap karyawan.

c. Memelihara Lingkungan Fisik
Tanggungjawab perusahaaan juga ternasuk memelihara lingkungan fisik di sekitar pabrik dan kantor. Masyarakat tidak mau lebih lama menderita karena polusi baik polusi udara, air, maupun polusi lainnya. Oleh karena itu, perusahaan yang tidak dapat mengatasi masalah pencemaran yang ditimbulkan akan menanggung publisitas yang tidak menguntungkan, dan akhirnya dapat berakibat pada turunnya penjualan.

d. Kondisi Masyarakat di Sekitar Perusahaan
Faktor lingkungan lain yang menjadi tanggungjawab perusahaan untuk memeliharanya adalah kondisi masyarakat di sekitar perusahaan. Sering daerah ini merupakan daerah tempat tinggal atau tempat yang padat penduduknya, dan ini sangat besar pengaruhnya terhadap kegiatan usaha perusahaan. Oleh karena itu, kalau perusahaan ingin melakukan kegiatan bisnis yang baik harus memeliharan hubungan masyarakat dengan baik.

11. Apa yang dimaksud Konsumerisme ?
Jawab:
Konsumerisme adalah kekuatan sosial di dalam lingkungan yang ditujukan untuk membantu dan melindungi konsumen dengan menggunakan kekuatan hukum, modal dan tekanan ekonomi terhadap perusahaan.

12. Sebutkan dan jelaskan hak-hak konsumen !
Jawab:
a. Hak atas Keselamatan
Hak tersebut harus diberikan dengan menghentikan pemasaran produk-produk yang membahayakan kesehatan atau membahayakan kehidupan.
b. Hak untuk Diberitahu
Hak tersebut harus diberikan dengan menghindari adanya kecurangan, kebohongan, atau kesalahan informasi, periklanan atau label.
c. Hak untuk Memilih
Hak tersebut harus diberikan dengan menjamin bahwa persaingan tetap dipertahankan di lokasi pasar.
d. Hak untuk Didengar
Hak tersebut harus diberikan dengan menjamin bahwa minat konsumen selalu dipertimbangkan oleh pemerintah.

loading...

No comments:

Post a Comment