Soal dan Jawaban Manajemen Pemasaran : Pemasaran Perusahaan dan Masyarakat
1.
Jelaskan pengertian pemasaran !
Jawab:
Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan
dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan
harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang yang memuaskan
kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
2.
Jelaskan pengertian manajemen pemasaran !
Jawab:
Manajemen pemasaran adalah penganalisaan,
perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang ditujukan untuk
mengadakan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai
tujuan organisasi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar tersebut serta
menentukan harga, mengadakan komunikasi, dan distribusi yang efektif untuk
memberitahu, mendorong, serta melayani pasar.
3.
Sebutkan 3 elemen pokok dalam konsep pemasaran !
Jawab:
a. Orientasi konsumen/pasar/pembeli.
b. Volume penjualan yang menguntungkan.
c. Koordinasi dan integrase seluruh
kegiatan pemasaran dalam perusahaan.
4.
Mengapa koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran diperlukan dalam
perusahan ?
Jawab:
Koordinasi dan integrase seluruh kegiatan
pemasaran dalam perusahaan perlu dilakukan untuk memberikan kepuasan konsumen.
Juga untuk menghindari adanya pertentangan di dalam perusahaan maupun antara
perusahaan dengan pasarnya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa setiap orang dan
setiap bagian dalam perusahaan turut berkecimpung dalam suatu usaha yang
terkoordinir untuk memberikan kepuasan konsumen.
5.
Jelaskan tujuan utama dari konsep pemasaran !
Jawab:
Tujuan dari konsep pemasaran adalah volume
penjualan yang menguntungkan, artinya laba itu dapat diperoleh dengan melalui
pemuasan konsumen. Dengan laba ini, perusahaan dapat tumbuh dan berkembang,
dapat menggunakan kemampuan yang lebih besar, dapat memberikan tingkat kepuasan
yang lebih besar pada konsumen, serta dapat memperkuan kondisi perekonomian
secara keseluruhan.
6.
Apa yang dimaksud dengan konsep pemasaran ?
Jawab:
Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah
bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat
ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.
7.
Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor dalam sistem pemasaran !
Jawab:
Faktor-faktor dalam sistem pemasaran :
a. Organisasi yang melakukan tugas-tugas
pemasaran.
b. Sesuatu (barang, jasa, ide, orang) yang
sedang dipasarkan.
c. Pasar yang dituju.
d. Para perantara yang membantu dalam
pertukaran (arus) antara organisasi pemasaran dan pasarnya. Mereka ini adalah
pengecer, pedagang besar, agen pengangkutan, lembaga keuangan, dan sebagainya.
e. Faktor-faktor lingkungan seperti
demografi, kondisi perekonomian, faktor sosial dan kebuduyaan, kekuatan politik
dan hukum, teknologi dan persaingan.
8.
Apa yang dimaksud dengan sistem pemasaran ?
Jawab:
Sistem pemasaran adalah kumpulan
lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran barang, jasa, ide, orang dan
faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pngaruh, dan membentuk serta
mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.
9.
Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor lingkungan Makro Ekstern dalam Sistem
Pemasaran perusahaan !
Jawab:
Faktor-faktor lingkungan makro ekstren ini
saling berhubungan dan umumnya tidak dapat dikontrol oleh manajemen, yaitu :
a. Demografi
Demografi merupakan studi statistik
tentang kependudukan beserta karakteristik distribusinya. Masalah demografi ini
sangat penting bagi manajer pemasaran, karena orang-orang (asal mempunyai uang
untuk berbelanja dan kemauan untuk membelanjakannya) dapat dinyatakan sebagai
pasar.
b. Kondisi Perekonomian
Kondisi perekenomian (lingkungan ekonomi)
merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi sistem pemasaran
perusahaan (termasuk organisasi non-laba). Adapun beberapa elemen penting yang
termasuk dalam kondisi perekonomian ini adalah :
- Faktor pertumbuhan ekonomi
- Tingkat kesenangan
- Peredaran uang
- Tekanan Inflasi
c. Faktor Sosial dan Kebudayaan
Lingkungan sosial dan kebudayaan ini
kenyataannya mencakup pula faktor-faktor ekonomi, politik-hukum, dan teknologi.
Bentuk dan sistem perekonomian, politik-hukum, dan teknologi sangat ditentukan
oleh manusia beserta kebudayaannya. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan
oleh manajer pemasaran dalam hal pola kebudayaan dari suatu masyarakat adalah :
- Cara hidup
- Nilai-nilai sosial
- Kepercayaan
- Kesenangan
d. Politik dan Hukum
Faktor-faktor lingkungan politik-hukum
yang mempengaruhi kegiatan pemasaran ini dapat dikelompokkan ke dalam :
- Kebijaksanaan fiskal dan moneter dari
pemerintah
- Hubungan pemerintah dengan industri
- Peraturan dan keadaan politik pada
umumnya
- Peraturan khusus di bidang pemasaran
yang ditujukan untuk mengatur persaingan dan melindungi konsumen.
e. Teknologi
Teknologi ini juga mempengaruhi kegiatan
pemasaran karena dapat memberikan suatu akibat pada kehidupan konsumen,
terutama cara hidup dan pola konsumsinya. Adanya penemuan-penemuan baru dan
perkembangan di bidang teknologi, seseorang dapat mengubah cara hidupnya.
Namun, perlu diingat bahwa penemuan baru di bidang teknologi juga dapat
menimbulkan ketimpangan atau akibat buruk pada masyarakat.
f. Persaingan
Persaingan yang terjadi antara beberapa
perusahaan dapat berasal dari perusahaan lain dalam satu industri, atau dari
perusahaan lain yang menghasilkan barang atau jasa substitusi. Di dalam
industrinya, perusahaan harus mengetahui struktur biaya, politik harga, promosi
dan beberapa aspek persaingan lain yang dapat mempengaruhi perencanaan serta
operasinya.
10.
Sebutkan dan jelaskan dimensi - dimensi tanggung jawab perusahan !
Jawab:
Tanggungjawab-tanggung jawab dari
perusahaan itu adalah :
a. Mendapatkan Laba
Tentu saja, tanggung jawab pertama dari
perusahaan adalah menghasilkan laba supaya perusahaannya dapat terus
beroperasi. Tanpa laba, perusahaan tidak dapat meneruskan untuk mengoperasikan
karyawan atau tidak dapat menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan
masyarakat. Laba tersebut merupakan imbalan bagi pemilik perusahaan yang
menanam modal mereka pada perusahaan.
b. Memperhatikan Kesejahteraan Karyawan
Perusahaan juga bertanggung jawab untuk
memperhatikan dan memelihara karyawannya. Ini berarti perusahaan diharapkan
dapat memberikan kepuasan kepada karyawan, misalnya dengan :
- Memberikan upah/gaji yang layak
- Memelihara kondisi kerja yang baik
- Memberikan hak-hak kepada serikat
pekerja untuk memperoleh kesempatan yang sama bagi setiap karyawan.
c. Memelihara Lingkungan Fisik
Tanggungjawab perusahaaan juga ternasuk
memelihara lingkungan fisik di sekitar pabrik dan kantor. Masyarakat tidak mau
lebih lama menderita karena polusi baik polusi udara, air, maupun polusi
lainnya. Oleh karena itu, perusahaan yang tidak dapat mengatasi masalah
pencemaran yang ditimbulkan akan menanggung publisitas yang tidak
menguntungkan, dan akhirnya dapat berakibat pada turunnya penjualan.
d. Kondisi Masyarakat di Sekitar
Perusahaan
Faktor lingkungan lain yang menjadi
tanggungjawab perusahaan untuk memeliharanya adalah kondisi masyarakat di
sekitar perusahaan. Sering daerah ini merupakan daerah tempat tinggal atau
tempat yang padat penduduknya, dan ini sangat besar pengaruhnya terhadap
kegiatan usaha perusahaan. Oleh karena itu, kalau perusahaan ingin melakukan
kegiatan bisnis yang baik harus memeliharan hubungan masyarakat dengan baik.
11.
Apa yang dimaksud Konsumerisme ?
Jawab:
Konsumerisme adalah kekuatan sosial di
dalam lingkungan yang ditujukan untuk membantu dan melindungi konsumen dengan
menggunakan kekuatan hukum, modal dan tekanan ekonomi terhadap perusahaan.
12.
Sebutkan dan jelaskan hak-hak konsumen !
Jawab:
a. Hak atas Keselamatan
Hak tersebut harus diberikan dengan
menghentikan pemasaran produk-produk yang membahayakan kesehatan atau
membahayakan kehidupan.
b. Hak untuk Diberitahu
Hak tersebut harus diberikan dengan
menghindari adanya kecurangan, kebohongan, atau kesalahan informasi, periklanan
atau label.
c. Hak untuk Memilih
Hak tersebut harus diberikan dengan
menjamin bahwa persaingan tetap dipertahankan di lokasi pasar.
d. Hak untuk Didengar
Hak tersebut harus diberikan dengan
menjamin bahwa minat konsumen selalu dipertimbangkan oleh pemerintah.
loading...
No comments:
Post a Comment