Thursday 14 May 2020

Soal dan Jawaban Manajemen Pemasaran - Segmentasi Pasar

Manajemen Pemasaran - Segmentasi Pasar


1. Apa yang Anda ketahui tentang Pasar dan Segementasi Pasar ?
Jawab:
- Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakannya.
- Segmentasi Pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen.


2. Apa saja kriteria yang digunakan untuk melakukan Segmentasi Pasar ?
Jawab:
Dalam segmentasi pasar ini manajemen harus memiliki kriteria tertentu agar menempatkannya dalam posisi yang lebih baik. Adapun kriteria-kriteria yang dapat dipakai untuk segmentasi pasar ini adalah :
- Faktor demografi, seperti : umum, kepadatan penduduk, jenis kelamin, agama, kesukuan, pendidikan dan sebagainya.
- Tingkat penghasilan.
- Faktor sosiologis, seperti : kelompok budaya, klas-klas sosial, dan sebagainya.
- Faktor psikologis, seperti : kepribadian, sikap, manfaat produk yang diinginkan, dan sebagainya.

3. Sebutkan dan Jelaskan Syarat-Syarat untuk Mengadakan Segmentasi yang Efektif !
Jawab:
Diantara segmen pasar yang ada terdapat segmen yang menarik (attractive segment), yaitu segmen pasar yang belum terlayani, atau sudah terlayani tetapi kurang baik. Ada tiga faktor yang harus dipertimbangkan untuk menunjang usaha segmentasi secara efektif, yaitu :
a. Measurability
Yaitu tingkat informasi yang ada mengenai sifat-sifat pembeli, sejauh mana sifat-sifat tersebut dapat diukur. Misalnya untuk mengukur jumlah pembeli mobil yang pembeliannya didorong oleh pertimbangan-pertimbangan ekonomi ataukah status, ataukah kualitas.
b. Accessibility
Yaitu tingkat dimana perusahaan itu secara efektif memusatkan usaha pemasarannya pada segmen yang telah dipilihnya. Misalnya kegiatan periklanannya, belum tentu sama antara segmen yang lama dengan segmen yang baru.
c. Substantiality
Yaitu suatu tingkat dimana segmen itu adalah luas dan cukup menguntungkan untuk melakukan kegiatan pemasaran tersendiri.

4. Jelaskan alternatif dalam menentukan Sasaran Pasar (Market Targeting) !
Jawab:
Ada tiga alternatif yang dapat ditempuh oleh perusahaan untuk memilih pasar yang dituju (dalam menghadapi heterogenitas pasar), yaitu :
a. Undifferentiated Marketing
Di dalam undifferentiated marketing, perusahaan berusaha meninjau pasar secara keseluruhan, memusatkan pada kesamaan-kesamaan dalam kebutuhan konsumen, dan bukannya pada segmen pasar yang berbeda-beda dengan kebutuhan konsumen yang berbeda pula.Perusahaan mencoba untuk mengembangkan produk tunggal yang dapat memenuhi keinginan semua atau banyak orang. Jadi, satu macam produk dipasarkan kepada semua orang, tidak hanya satu atau beberapa kelompok saja. Karena pasar yang dituju bersifat massal, maka teknik pemasarannya pun bersifat massal, termasuk distribusi dan periklanannya.
Penggunaan strategi undifferentiated marketing ini didasarkan pada alasan penghematan ongkos-ongkos (standardisasi dan produksi massal). Karena product linenya sempit, maka ongkos produksi, penyimpanan dan pengangkutan dapat ditekan. Demikian pula ongkos untuk penelitian pasar tidak ada atau sangat kecil.
b. Differentiated Marketing
Dalam strategi ini, perusahaan mencoba untuk mengidentifikasikan kelompok-kelompok pembeli tertentu (segmen pasar) dengan membagi pasar ke dalam dua kelompok atau lebih. Disamping itu perusahaan membuat produk dan program pemasarn yang berbeda-beda untuk masing-masing segmen. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan jumlah penjualan serta mendapatkan kedudukan yang kuat pada setiap segmennya. Karena perusahaan telah mengarahkan usahanya pada keinginan konsumen dan bukan sebaliknya, maka diharapkan dapat memperoleh loyalitas maupun pembelian ulang. Jadi, strategi differentiated marketing ini dapat meningkatkan penjualan dan menaikkan biaya-biaya.
c. Concentrated Marketing
Tidak seperti strategi undifferentiated marketing dan differentiated marketing, dalam concentrated marketing ini perusahaan hanya memusatkan usaha pemsarannya pada satu atau beberapa kelompok pembeli saja. Biasanya, strategi ini dilakukan oleh perusahaan yang tidak berhasil melayani banyak kelompok pembeli, sehingga usaha pemasarannya hanya dipusatkan pada kelompok pembeli yang paling menguntungkan. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya sumber-sumber. Oleh karena itu perusahaan dapat mengemangkan produk yang lebih ideal bagi kelompok tersebut.

5. Jelaskan Hubungan antara Penetapan Sasaran Pasar dengan Segmentasi Pasar !
Jawab:
Istilah segmentasi pasar dan penentuan pasar (market targeting) sebenarnya merupakan dua hal yang berbeda walaupun kelihatan sama. Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar yang bersifat homogen, sedangkan market targeting merupakan keputusan perusahaan mengenai pasar manakah yang akan dilayani.

6. Jelaskan tentang Pola Dasar Preferensi Pasar !
Jawab:
Pola dasar preferensi pasar ditentukan berdasarkan analisa dan ramalan permintaan, sehingga perusahaan dapat mengetahui adanya pasar tertentu yang dianggap menarik; dan perusahaan ingin memasukinya. Perusahaan mewawancarai sampel dari sejumlah konsumen dan menanyakan sesuatu tentang atribut dari produk yang ditawarkan seperti kualitas, harga, servis, dan sebagainya. Hasil dari wawancara tersebut dimasukkan ke dalam suatu bidang dan membentuk pola tertentu, yaitu :
a. Preferensi yang Homogen
Menunjukkan suatu pasar dimana semua konsumen itu secara kasar dapat dikatakan mempunyai preferensi yang sama (baik mengenai harga maupun kualitasnya). Pasar ini tidak menunjukkan adanya segmen paling sedikit yang berhubungan dengan dua atribut tadi. Jadi, dapat diperkirakan bahwa para konsumen mempunyai kesukaan yang sama terhadap merk yang ada. Oleh karena titk-titik preferensinya terletak di tengah-tengah/di pusat.
b. Preferensi yang Menyebar (Diffused Preference)
Prefrensi konsumen dapat menyebar di dalam product space tanpa menunjukkan adanya konsentrasi. Dalam hal ini, konsumen mempunyai prefresi yang sangat berbeda-beda tentang apa yang mereka inginkan dari produk tersebut. Kalau di pasar hanya terdapat satu macam merk saja, maka preferesinya akan terletak di pusat. Hal ini disebabkan karena merk tersebut akan menarik sebagian besar dari konsumen yang ada.
c. Preferensi yang Mengelompok (Clustered Preference)
Kelompok-kelompok (kumpulan titik-titik) yang terdapat di dalam product space itu disebut segmen pasar natural. Perusahaan yang pertama-tama memasuki pasar ini mempunyai 3 alternatif, yaitu :
- Undifferentiated Marketing
Dalam hal ini perusahaan menempatkan posisi merknya di pusat dengan harapan untuk dapat menarik semua golongan, misalnya : kualitas tinggi, harga rendah.
- Differentiated Marketing
Dalam Hal ini perusahaan membuat beberapa merk, dan masing-masing merk ditempatkan pada segmen yang berbeda-beda. Alternatif ini dapat memperkuat posisi perusahaan dalam persaingan.
- Concentrated Marketing
Dalam hal ini perusahaan menempatkan posisinya pada segmen pasar yang terbesar, misalnya pada segmen yang mempunyai kesukaan kualitas tinggi dan harga tinggi, atau kualitas rendah dan harga rendah.

7. Apa saja Faktor-Faktor yang Membatasi Pemilihan Strategi Market Targeting ?
Jawab:
Adanya sifat-sifat khusus dari penjual, produk atau pasar itu akan membatasi pemilihan strategi penetapan sasaran pasar. Faktor-faktor yang membatasi tersebut adalah :
a. Sumber-sumber yang dimiliki oleh perusahaan
Jika perusahaan memiliki sumber-sumber yang sangat terbatas untuk melayani pasar, maka strategi yang paling baik dilakukan adalah Concentrated Marketing,
b. Homogenitas Produk
Strategi Undifferentiated marketing lebih cocok untuk produk yang homogen, seperti baja. Sedangkan untuk produk-produk yang mempunyai berbagai macam variasi (produk yang heterogen), seperti kamera, mobil, lebih cocok menggunakan strategi differentiated marketing atau concentrated marketing.
c. Tahap-tahap dalam siklus kehidupan produk
Jika barang itu baru diperkenalkan, macamnya satu atau sedikit saja, maka strategi yang lebih sesuai adalah undifferentiated marketing untuk memenuhi permintaaan primer, atau memusatkan pada segmen khusus (concentrated marketing). Pada tahap kedewasaan dalam product life cycle, perusahaan cenderung untuk menggunakan strategi differentiated marketing.
d. Homogenitas Pasar
Apabila para pembeli itu mempunyai selera yang sama, jumlah pembelian setiap periode hampir sama, maka strategi yang dianggap sesuai adalah undifferentiated marketing.
e. Strategi pemasaran saingan
Apabila para pesaing aktif mengadakan segmentasi (differentiated marketing) maka cukup sulit bagi perusahaan untuk bersaing melalui undifferentiated marketing. Sebaliknya, jika pesaing menempuh strategi undifferentiated marketing, maka perusahaan akan memperoleh sukses dengan mengadakan segmentasi secara aktif (dengan anggapan ada faktor-faktor lain yang membantunya).

8. Apa yang dimaksud dengan Product Positioning ?
Jawab:
Product Positioning adalah suatu strategi manajemen yang menggunakan informasi (dikumpulkan melalui riset dan studi segmentasi) untuk menciptakan suatu kesan terhadap produk sesuai dengan keinginan pasar yang dituju atau pasarnya.

9. Jelaskan tentang Strategi Penentuan Posisi Produk !
Jawab:
Segmentasi pasar mempunyai kaitan erat dengan product positioning bilamana penjual berusaha mendesain suatu produk yang dapat memenuhi keinginan dari studi pasar segmen tertentu.Oleh karena itu perusahaan harus mempertimbangkan apakah posisi produknya di pasar itu perlu diubah atau tidak. Untuk menghadapi berbagai macam kemungkinan, perusahaan dapat menempuh diantara kedua macam strategi, yaitu :
a. Penetuan Kembali Posisi Produk
Dalam keadaan posisi produk perusahaan di suatu segmen tertentu sudah tidak lagi menguntungkan, maka perlu diadakan penempatan kembali. Misalnya beralih ke segmen yang lain. Ini dimaksudkan untuk mendapatkan laba yang lebih tinggi. Adapun masalah-masalah yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan strategi repositioning ini adalah :
- Biaya yang dikeluarkan untuk menggeser merk tersebut ke segmen yang baru, seperti biaya periklanan, biaya pembungkusan, dan sebagainya.
- Penghasilan yang mungkin dapat diharapkan dari merk tersebut di segmen yang baru. Besarnya penghasilan ini tergantung pada : banyaknya konsumen pada segmen yang baru, tingkat pembelian rata-rata dari mereka, jumlah dan kemampuan para pesaing yang sudah ada di segmen baru atau yang akan masuk ke segmen tersebut, harga yang berlaku di segmen tersebut.
b. Perluasan Merk
Strategi lain yang bisa dilakukan dalam penentuan posisi produk ini adalah perluasan merk. Disisi ini, perusahaan bukannya pindah ke segmen yang baru tetapi menambah merk baru pada segmen yang lama.

loading...

No comments:

Post a Comment