Soal dan Jawaban Kesempatan Pasar - Titik Pangkal Dari Manajemen Pemasaran
1.
Apa saja tugas Manajer Pemasaran yang Anda ketahui ?
Jawab:
Tugas Manajer Pemasaran sebenarnya dimulai
jauh sebelum produk itu dihasilkan dan tidak akan berhenti sampai produknya
terjual; dan tugas-tugasnya antara lain :
- Mempelajari kebutuhan dan keinginan
konsumen
- Mengembangkan suatu konsep produk yang
ditujukan untuk memuaskan/melayani kebutuhan yang belum terpenuhi
- Mengadakan pengujian terhadap berlakunya
konsep produk tersebut
- Membuat desain produk
- Mengembangkan pembungkusan dan merk
- Menetapkan harga sedemikian rupa untuk
mendapatkan return on investment yang layak
- Mengatur distribusi
- Menciptakan komunikasi pemasaran yang
efektif dengan menggunakan media atau cara lain yang tepat
- Memeriksa penjualan
- Memperhatikan kepuasan konsumen
- Memperbaiki dan mengembangkan rencana
pemasaran yang didasarkan pada hasilnya
2.
Jelaskan yang dimaksud dengan proses pemasaran strategik !
Jawab:
Proses pemasaran strategik ini merupakan
suatu proses manajemen yang menganalisa kesempatan pasar dan memilih posisi,
program, dan pengendalian pemasaran yang menciptakan dan mendukung
bisnis-bisnis yang aktif untuk mencapai tujuan serta sasaran perusahaan.
3.
Apa yang dimaksud permintaan negatif dan bagaimana tugas manajer perusahaan saat
terjadi permintaan negatif ?
Jawab:
Permintaan negatif dapat berarti semua
atau sebagian terbesar dari segmen pasar potensial yang penting tidak menyukai
produk atau jasa yang ditawarkan; bahkan mereka bersedia membayar untuk
menghindarinya. Misalnya:
- Golongan orang yang mempunyai permintaan
negatif terhadap vasectomy
- Golongan orang yang mempunyai permintaan
negatif terhadap angkutan dengan bus (suka mabok)
Adapun tugas manajer pemasaran disini
adalah membuat suatu rencana untuk mengubah permintaan dari negatif menjadi permintaan
yang positif. Tugas manajer pemasaran untuk mengubah permintaan negatif menjadi
positif ini disebut Conversional Marketing.
4.
Apa yang dimaksud permintaan menurun dan bagaimana tugas manajer perusahaan
saat terjadi permintaan menurun ?
Jawab:
Semua jenis produk atau jasa yang
ditawarkan oleh suatu perusahaan suatu ketika akan mengalami kemunduran atau
permintannya menurun. Permintaan menurun adalah suatu keadaan dimana permintaan
untuk suatu produk atau jasa itu semakin berkurang dari tingkat sebelumnya, dan
diperkirakan akan menurun terus jika tidak dilakukan usaha-usaha untuk
memperbaiki pasar yang dituju, penawaran, dan/atau usaha-usaha pemasarannya.
Dalam hal ini, manajer pemasaran mempunyai
tugas untuk meningkatkan permintaan. Tugas ini disebut Remarketing.
Peningkatkan permintaan dapat dilakukan bilamana masih terdapat kemungkinan
untuk memperbaharui produk atau jasa yang semakin menurun tersebut. Disini,
manajer pemasaran berusaha mencari usul-usul baru dalam penawarannya pada pasar
potensial.
5.
Apa yang dimaksud permintaan berlebihan dan bagaimana tugas manajer perusahaan
saat terjadi permintaan berlebihan ?
Jawab:
Permintaan berlebihan adalah suatu keadaan
dimana permintaan lebih besar dari penawarannya. Disini, perusahaan merasa
tidak mampu untuk memenuhi permintaan yang lebih besar meskipun tidak selamanya
demikian.
Dalam hal ini, tugas manajer pemasaran
adalah mengurangi permintaan, atau disebut Demarketing. Cara yang dapat
dilakukan untuk mengurangi permintaan adalah dengan cara seperti : menaikkan
harga, mengurangi kegiatan promosi.
6.
Mengapa perlu dilakukan Analisa Kesempatan Pasar ?
Jawab:
Analisa kesempatan pasar ini penting
sekali dilakukan sebelum perusahaan menetukan tujuannya. Hal ini dikarenakan
oleh beberapa alasan berikut :
- Banyak perusahaan yang memulai usahanya
karena mereka mengetahui adanya kesempatan yang sangat baik. Jadi dapat
dikatakan bahwa perusahaan itu mempunyai suatu tujuan atau akan melakukan
sesuatu karena adanya sesuatu (kesempatan)
- Banyak perusahaan yang belum mempunyai
tujuan secara jelas, sulit mengatakan tentang apa yang sebenarnya mereka
butuhkan. Dari segi lain mereka ini mengetahui tentang adanya kesempatan yang
baik.
- Banyak perusahaan yang mengubah
tujuannya bilamana kesempatan yang ada berubah.
7.
Mengapa perlu dilakukan Perencanaan Pemasaran ?
Jawab:
Perencanaan sangat diperlukan untuk
mengikuti perkembangan dimasa mendatang. Tanpa perencanaan, sebuah organisasi
kemungkinan akan mengambil cara-cara yang ekstrim untuk menghindari kerugian
atau untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.
Misalny, seorang manajer dari sebuah
perusahaan mesin jahit sedang mempelajari tentang sebab-sebab terjadinya
penurunan dalam penjualannya beberapa tahun terakhir ini. Ditinjau secara
teoritis, tentunya penjualan akan meningkat karena jumlah rumah tangga yang
diharapkan ingin memiliki mesin jahit juga semakin banyak. Tetapi dalam
kenyatannya tidak demikian. Disini, tingkat inflasi yang ada justru telah
menurunkan daya beli mereka. Lagi pula harga bahan pakaian meningkat. Semua
faktor tersebut sangat mempengaruhi menurunnya penjualan.
Adanya penurunan penjualan ini memaksa
perusahaan untuk mengambil tindakan secara darurat. Dan tindakan yang harus
diambil menyangkut pertimbangan-pertimbangan tentang masalah lingkungan. Untuk
mengambil beberapa pendekatan kita perlu mengetahui dulu tentang persiapan
organisatoris ysng dipakai untuk membuat dan mengendalikan program pemasaran.
8.
Bagaimana tahapan dalam merumuskan Strategi Pemasaran ?
Jawab:
Dalam pemasaran, strategi yang ditempuh
oleh perusahaan dapat terdiri atas 3 tahap, yaitu :
- Memilih konsumen yang dituju
- Mengidentifikasikan keinginan mereka
- Menentukan marketing mix
9.
Apa saja masalah pokok dalam Merumuskan Rencana Pemasaran ?
Jawab:
Masalah pokok dalam merumuskan rencana
pemasaran, antara lain :
a. Target Penjualan
Rencana pemasaran itu dimulai dengan
penentuan target penjualan pada setiap bagian yang ada di dalam perusahaan. Target
penjualan tersebut ditetapkan berdasarkan analisa berbagai macam kemungkinan
strategi pemasaran yang menguntungkan. Untuk itu perlu diadakan alokasi target
penjualan pada daerah penjualan dan masing-masing salesman dengan memperhatikan
penjualan masa lampau serta perkiraan potensinya. Biasanya ini disebut kuota
penjualan.
b. Anggaran Pemasaran
Untuk melaksanakan berbagai macam kegiatan
pemasaran, perlu disusun anggara pemasaran yang menyuluruh. Biasanya anggaran
pemasaran yang menyuluruh ini biasanya ditetapkan berdasarkan suatu persentase
(%) dari target penjualan.
c. Alokasi Marketing Mix
Perusahaan harus menetepkan bagaimana cara
mengalokasikan anggaran pemasaran untuk suatu produk ke berbagai alat pemasaran
seperti periklanan, promosi penjualan dan personal selling.
Meskipun alat-alat tersebut sudah
ditetapkan pada saat membuat strategi pemasaran, namun masih ada kemungkinan
terjadi konflik antara setiap kegiatan di dalam pemasaran. Hal ini disebabkan
karena setiap tugas itu selalu ada kaitannya dengan jumlah uang yang
diperlukan.
d. Penetapan Harga
Penetapan harga ini merupakan satu elemen
yang menghasilkan laba di dalam rencana pemasaran. Faktor-faktor yang mendasari
penetapan harga harus dipertimbangkan pada saat permulaan bersama-sama dengan
penyusunan strategi pemasaran Perusahaan harus menetapkan harga dan daftar
harga sebelum diberikan potongan serta penghargaan (allowance). Dalam hal ini,
bagian pemasaran perlu mempertimbangkan 3 elemen yang terdapat pada permintaan,
yakni : tingkat, saat, dan sifat. Selain itu juga harus mempertimbangkan faktor
biaya dan persaingan dalam menetapkan harga yang direncanakan.
e. Alokasi Anggaran Pemasaran pada Produk
Kebanyakan perusahaan itu tidak hanya
menghasilkan satu macam produk saja, tetapi beberapa macam. Setiap tahun,
perusahaan tersebut harus menghitung banyaknya uang yang dialokasikan pada
masing-masing produknya. Dalam menentukan produk mana yang memerlukan tambahan
anggaran pemasaran, dan produk mana yang perlu dikurangi anggarannya,
perusahaan harus mempertimbangkan beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut
adalah :
- Jumlah product line
- Banyaknya product mix
- Jenis produk yang mempunyai permintaan
cukup banyak baik pada saat sekarang maupun saat yang akan datang
- Jenis produk yang permintaanya sedikit.
10.
Jelaskan perbedaan antara Strategi, Taktik dan Tujuan dalam Manajemen Pemasaran
!
Jawab:
a. Tujuan
Pada dasarnya, tujuan perusahaan (yang
menganut konsep pemasaran masyarakat) adalah memberikan kepuasan kepada pembeli
dan masyarakat yang lain dalam pertukarannya untuk mendapatkan sejumlah laba,
atau perbandingan antara penghasilan dan biaya yang menguntungkan.
b. Strategi
Strategi adalah suatu rencana yang
diutamakan untuk mencapai tujuan tersebut. Beberapa perusahaan mungkin
mempunyai tujuan yang sama, tetapi strategi yang dipakai untuk mencapai tujuan
tersebut dapat berbeda. Jadi, strategi ini dibuat berdasarkan suatu tujuan.
c. Taktik
Taktik adalah tahap-tahap atau
langkah-langkah tertentu yang dipakai untuk melaksanakan strategi/ Jika
manajemen sudah merumuskan tujuan dan strateginya, maka ia berada dalam posisi
untuk menentukan taktik.
Kalau diperhatikan, sebenarnya strategi
itu mempunyai ruang lingkup yang lebih luas dibandingkan dengan taktik.
11.
Jelaskan elemen-elemen apa saja yang ada di dalam Strategi Pemasaran !
Jawab:
Elemen-elemen strategi pemasaran dilakukan
dengan melakukan suatu riset pemasaran, kemudian manajer berusaha untuk
menentukan konsumen manakah yang akan dituju. Ini berarti bahwa perusahaan
mempunyai atau memilih konsumen tertentu sebagai sasarannya. Kemudian, manajer
mengidentifikasikan keinginan mereka agar dapat menentukan kombinasi markting
mix yang paling efektif. Dalam hal ini perlu juga memperhatikan berbagai macam
faktor lingkungan (demografi, kondisi perekonomian, sosial dan kebudayaan,
politik dan hukum, teknologi, serta persaingan), dan kekuatan serta kelemahan
organisasi.
loading...
No comments:
Post a Comment