Wednesday 13 May 2020

Soal dan Jawaban Kesempatan Pasar - Titik Pangkal Dari Manajemen Pemasaran

Soal dan Jawaban Kesempatan Pasar - Titik Pangkal Dari Manajemen Pemasaran


1. Apa saja tugas Manajer Pemasaran yang Anda ketahui ?
Jawab:
Tugas Manajer Pemasaran sebenarnya dimulai jauh sebelum produk itu dihasilkan dan tidak akan berhenti sampai produknya terjual; dan tugas-tugasnya antara lain :
- Mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen
- Mengembangkan suatu konsep produk yang ditujukan untuk memuaskan/melayani kebutuhan yang belum terpenuhi
- Mengadakan pengujian terhadap berlakunya konsep produk tersebut
- Membuat desain produk
- Mengembangkan pembungkusan dan merk
- Menetapkan harga sedemikian rupa untuk mendapatkan return on investment yang layak
- Mengatur distribusi
- Menciptakan komunikasi pemasaran yang efektif dengan menggunakan media atau cara lain yang tepat
- Memeriksa penjualan
- Memperhatikan kepuasan konsumen
- Memperbaiki dan mengembangkan rencana pemasaran yang didasarkan pada hasilnya


2. Jelaskan yang dimaksud dengan proses pemasaran strategik !
Jawab:
Proses pemasaran strategik ini merupakan suatu proses manajemen yang menganalisa kesempatan pasar dan memilih posisi, program, dan pengendalian pemasaran yang menciptakan dan mendukung bisnis-bisnis yang aktif untuk mencapai tujuan serta sasaran perusahaan.

3. Apa yang dimaksud permintaan negatif dan bagaimana tugas manajer perusahaan saat terjadi permintaan negatif ?
Jawab:
Permintaan negatif dapat berarti semua atau sebagian terbesar dari segmen pasar potensial yang penting tidak menyukai produk atau jasa yang ditawarkan; bahkan mereka bersedia membayar untuk menghindarinya. Misalnya:
- Golongan orang yang mempunyai permintaan negatif terhadap vasectomy
- Golongan orang yang mempunyai permintaan negatif terhadap angkutan dengan bus (suka mabok)
Adapun tugas manajer pemasaran disini adalah membuat suatu rencana untuk mengubah permintaan dari negatif menjadi permintaan yang positif. Tugas manajer pemasaran untuk mengubah permintaan negatif menjadi positif ini disebut Conversional Marketing.

4. Apa yang dimaksud permintaan menurun dan bagaimana tugas manajer perusahaan saat terjadi permintaan menurun ?
Jawab:
Semua jenis produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan suatu ketika akan mengalami kemunduran atau permintannya menurun. Permintaan menurun adalah suatu keadaan dimana permintaan untuk suatu produk atau jasa itu semakin berkurang dari tingkat sebelumnya, dan diperkirakan akan menurun terus jika tidak dilakukan usaha-usaha untuk memperbaiki pasar yang dituju, penawaran, dan/atau usaha-usaha pemasarannya.
Dalam hal ini, manajer pemasaran mempunyai tugas untuk meningkatkan permintaan. Tugas ini disebut Remarketing. Peningkatkan permintaan dapat dilakukan bilamana masih terdapat kemungkinan untuk memperbaharui produk atau jasa yang semakin menurun tersebut. Disini, manajer pemasaran berusaha mencari usul-usul baru dalam penawarannya pada pasar potensial.

5. Apa yang dimaksud permintaan berlebihan dan bagaimana tugas manajer perusahaan saat terjadi permintaan berlebihan ?
Jawab:
Permintaan berlebihan adalah suatu keadaan dimana permintaan lebih besar dari penawarannya. Disini, perusahaan merasa tidak mampu untuk memenuhi permintaan yang lebih besar meskipun tidak selamanya demikian.
Dalam hal ini, tugas manajer pemasaran adalah mengurangi permintaan, atau disebut Demarketing. Cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi permintaan adalah dengan cara seperti : menaikkan harga, mengurangi kegiatan promosi.

6. Mengapa perlu dilakukan Analisa Kesempatan Pasar ?
Jawab:
Analisa kesempatan pasar ini penting sekali dilakukan sebelum perusahaan menetukan tujuannya. Hal ini dikarenakan oleh beberapa alasan berikut :
- Banyak perusahaan yang memulai usahanya karena mereka mengetahui adanya kesempatan yang sangat baik. Jadi dapat dikatakan bahwa perusahaan itu mempunyai suatu tujuan atau akan melakukan sesuatu karena adanya sesuatu (kesempatan)
- Banyak perusahaan yang belum mempunyai tujuan secara jelas, sulit mengatakan tentang apa yang sebenarnya mereka butuhkan. Dari segi lain mereka ini mengetahui tentang adanya kesempatan yang baik.
- Banyak perusahaan yang mengubah tujuannya bilamana kesempatan yang ada berubah.

7. Mengapa perlu dilakukan Perencanaan Pemasaran ?
Jawab:
Perencanaan sangat diperlukan untuk mengikuti perkembangan dimasa mendatang. Tanpa perencanaan, sebuah organisasi kemungkinan akan mengambil cara-cara yang ekstrim untuk menghindari kerugian atau untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.
Misalny, seorang manajer dari sebuah perusahaan mesin jahit sedang mempelajari tentang sebab-sebab terjadinya penurunan dalam penjualannya beberapa tahun terakhir ini. Ditinjau secara teoritis, tentunya penjualan akan meningkat karena jumlah rumah tangga yang diharapkan ingin memiliki mesin jahit juga semakin banyak. Tetapi dalam kenyatannya tidak demikian. Disini, tingkat inflasi yang ada justru telah menurunkan daya beli mereka. Lagi pula harga bahan pakaian meningkat. Semua faktor tersebut sangat mempengaruhi menurunnya penjualan.
Adanya penurunan penjualan ini memaksa perusahaan untuk mengambil tindakan secara darurat. Dan tindakan yang harus diambil menyangkut pertimbangan-pertimbangan tentang masalah lingkungan. Untuk mengambil beberapa pendekatan kita perlu mengetahui dulu tentang persiapan organisatoris ysng dipakai untuk membuat dan mengendalikan program pemasaran.

8. Bagaimana tahapan dalam merumuskan Strategi Pemasaran ?
Jawab:
Dalam pemasaran, strategi yang ditempuh oleh perusahaan dapat terdiri atas 3 tahap, yaitu :
- Memilih konsumen yang dituju
- Mengidentifikasikan keinginan mereka
- Menentukan marketing mix

9. Apa saja masalah pokok dalam Merumuskan Rencana Pemasaran ?
Jawab:
Masalah pokok dalam merumuskan rencana pemasaran, antara lain :
a. Target Penjualan
Rencana pemasaran itu dimulai dengan penentuan target penjualan pada setiap bagian yang ada di dalam perusahaan. Target penjualan tersebut ditetapkan berdasarkan analisa berbagai macam kemungkinan strategi pemasaran yang menguntungkan. Untuk itu perlu diadakan alokasi target penjualan pada daerah penjualan dan masing-masing salesman dengan memperhatikan penjualan masa lampau serta perkiraan potensinya. Biasanya ini disebut kuota penjualan.
b. Anggaran Pemasaran
Untuk melaksanakan berbagai macam kegiatan pemasaran, perlu disusun anggara pemasaran yang menyuluruh. Biasanya anggaran pemasaran yang menyuluruh ini biasanya ditetapkan berdasarkan suatu persentase (%) dari target penjualan.
c. Alokasi Marketing Mix
Perusahaan harus menetepkan bagaimana cara mengalokasikan anggaran pemasaran untuk suatu produk ke berbagai alat pemasaran seperti periklanan, promosi penjualan dan personal selling.
Meskipun alat-alat tersebut sudah ditetapkan pada saat membuat strategi pemasaran, namun masih ada kemungkinan terjadi konflik antara setiap kegiatan di dalam pemasaran. Hal ini disebabkan karena setiap tugas itu selalu ada kaitannya dengan jumlah uang yang diperlukan.
d. Penetapan Harga
Penetapan harga ini merupakan satu elemen yang menghasilkan laba di dalam rencana pemasaran. Faktor-faktor yang mendasari penetapan harga harus dipertimbangkan pada saat permulaan bersama-sama dengan penyusunan strategi pemasaran Perusahaan harus menetapkan harga dan daftar harga sebelum diberikan potongan serta penghargaan (allowance). Dalam hal ini, bagian pemasaran perlu mempertimbangkan 3 elemen yang terdapat pada permintaan, yakni : tingkat, saat, dan sifat. Selain itu juga harus mempertimbangkan faktor biaya dan persaingan dalam menetapkan harga yang direncanakan.
e. Alokasi Anggaran Pemasaran pada Produk
Kebanyakan perusahaan itu tidak hanya menghasilkan satu macam produk saja, tetapi beberapa macam. Setiap tahun, perusahaan tersebut harus menghitung banyaknya uang yang dialokasikan pada masing-masing produknya. Dalam menentukan produk mana yang memerlukan tambahan anggaran pemasaran, dan produk mana yang perlu dikurangi anggarannya, perusahaan harus mempertimbangkan beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut adalah :
- Jumlah product line
- Banyaknya product mix
- Jenis produk yang mempunyai permintaan cukup banyak baik pada saat sekarang maupun saat yang akan datang
- Jenis produk yang permintaanya sedikit.

10. Jelaskan perbedaan antara Strategi, Taktik dan Tujuan dalam Manajemen Pemasaran !
Jawab:
a. Tujuan
Pada dasarnya, tujuan perusahaan (yang menganut konsep pemasaran masyarakat) adalah memberikan kepuasan kepada pembeli dan masyarakat yang lain dalam pertukarannya untuk mendapatkan sejumlah laba, atau perbandingan antara penghasilan dan biaya yang menguntungkan.
b. Strategi
Strategi adalah suatu rencana yang diutamakan untuk mencapai tujuan tersebut. Beberapa perusahaan mungkin mempunyai tujuan yang sama, tetapi strategi yang dipakai untuk mencapai tujuan tersebut dapat berbeda. Jadi, strategi ini dibuat berdasarkan suatu tujuan.
c. Taktik
Taktik adalah tahap-tahap atau langkah-langkah tertentu yang dipakai untuk melaksanakan strategi/ Jika manajemen sudah merumuskan tujuan dan strateginya, maka ia berada dalam posisi untuk menentukan taktik.
Kalau diperhatikan, sebenarnya strategi itu mempunyai ruang lingkup yang lebih luas dibandingkan dengan taktik.

11. Jelaskan elemen-elemen apa saja yang ada di dalam Strategi Pemasaran !

Jawab:
Elemen-elemen strategi pemasaran dilakukan dengan melakukan suatu riset pemasaran, kemudian manajer berusaha untuk menentukan konsumen manakah yang akan dituju. Ini berarti bahwa perusahaan mempunyai atau memilih konsumen tertentu sebagai sasarannya. Kemudian, manajer mengidentifikasikan keinginan mereka agar dapat menentukan kombinasi markting mix yang paling efektif. Dalam hal ini perlu juga memperhatikan berbagai macam faktor lingkungan (demografi, kondisi perekonomian, sosial dan kebudayaan, politik dan hukum, teknologi, serta persaingan), dan kekuatan serta kelemahan organisasi.

loading...

No comments:

Post a Comment