Monday 16 December 2019

Soal dan Jawaban Pasar Modal

Soal dan Jawaban Pasar Modal
1. Uraikan secara lengkap struktur permodalan yang tergambar dalam neraca suatu perusahaan. Kemudian jelaskan jenis modal yang mana yang dapat dicari di pasar modal.
Jawab :

Dalam neraca perusahaan struktur permodalan terbagi atas 3 komponen, yaitu:
1. Hutang: Hutang perusahaan bisa berupa hutang jangka panjang dan hutang jangka pendek. Hutang jangka panjang biasanya merupakan hutang dari bank yang digunakan sebagai tambahan modal. Hutang jangka pendek bisa berupa hutang ke suplier, dsb.
2. Modal: pada perusahaan terbuka (PT), modal berupa total saham yang dimiliki oleh investor/owner perusahaan.
3. Laba ditahan: bagi perusahaan yang sudah berjalan ada pos berupa laba ditahan. Laba ditahan adalah laba yang tidak dibagikan sebagai deviden. Laba ini dijadikan sebagai tambahan modal.

2. Untuk memilih modal yang diinginkan emiten dapat memilih dua jenis instrumen, yaitu instrument yang bersifat utang dan yang bersifat kepemilikan. Coba saudara jelaskan maksud dari kedua jenis instrumen tersebut.

Jawab :
Instrumen pasar modal yang diperdagangkan berbentuk surat-surat berharga yang dapat diperjual-belikan kembali oleh pemiliknya, baik instrumen pasar modal bersifat kepemilikan atau bersifat hutang. Instrumen pasar modal yang bersifat kepemilikan diwujudkan dalam bentuk saham, sedangkan yang bersifat utang diwujudkan dalam bentuk obligasi.
a.         Saham (stocks)
            Merupakan surat berharga surat berharga yang bersifat kepemilikan. Artinya si pemilik saham merupakan pemilik perusahaan. Semakin besar saham yang dimiliknya, maka semakin besar pula kekuasannya di perusahaan tersebut. Keuntungan yang diperoleh oleh saham dikenal dengan nama deviden. Pembagian deviden ditentukan dalam rapat umum pemegang saham (RUPS).
b.         Obligasi (bonds)
            Surat berharga obligasi merupakan instrumen utang bagi perusahaan yang hendak memperoleh modal. Keuntungan dari membeli obligasi diwujudkan dalam bentuk kupon. Berbeda dengan saham, maka obligasi tidak mempunyai hak terhadap manajemen dan kekayaan perusahaan.
            Artinya perusahaan yang mengeluarkan obligasi hanya mengakui mempunyai utang kepada si opemegang obligasi sebesar obligasi yang dimilikinya. Oleh karena itu, dalam struktur modal perusahaan yang terlihat dalam neraca, obligasi dimasukkan dalam modal asing atau utang jangka panjang. Utang ini akan dilunasi apabila telah sampai pada waktunya.

3. Kemudian di dalam kegiatan pasar modal terdapat para pemain yang saling berkepentingan. Saudara diminta untuk menjelaskan para pemain di pasar modal terutama pemain utamanya.
Jawab :
Pemain utama dalam pasar modal adalah perusahaan yang akan melakukan penjualan (emitmen) dan pembeli atau pemodal (investor) yang akan membeli instrumen yang ditawarkan oleh emitmen.
a.         Emitmen
            Perusahaan yang akan melakukan penjualan surat-surat berharga atau melakukan emisi di bursa disebut emitmen. Emitmen melakukan emisi dapat meilih dua macam instrumen pasar modal apakah bersifat kepemilikan atau utang. Jika bersifat kepemilikan, maka diterbitkanlah saham dan jika yang dipilih adalah instrumen utang, maka yang dipilih adalah obligasi.
b.         Investor
            Pemain yang kedua adalah pemodal yang akan membeli atau menanamkan modalnya diperusahaan yang melakukan emisi, pemodal ini disebut juga investor. Sebelum membeli surat-surat berharga yang ditawarkan para investor biasanya melakukan penelitian dan analisis tertentu. Penelitian ini mencakup bonafiditas perusahaan, prospek usaha emitmen dan analisis lainnya.


4. Bagi para pemodal (investor) dalam bermain di pasar modal mempunyai beberapa tujuan. Jelaskan tujuan daripada para investor tersebut.
Jawab :
Tujuan utama investor di pasar modal diantaranya sebagai berikut.
a)         Memperoleh deviden.
Tujuan investor hanya ditujukan kepada keuntungan yang akan diperoleh berupa bunga yang akan dibayar oleh emitmen dalam bentuk deviden.
b)         Kepemilikan perusahaan.
Dalam hal ini tujuan investor untuk menguasai perusahaan. Semakin banyak saham yang dimiliki, maka semakin besar pengusahaan perusahaan.
c)         Berdagang.
Tujuan investor adalah dijual kembali saat harga tinggi. Jadi pengharapannya adalah pada saham yang benar-benar dapat menaikkan keuntungannya dari jual beli sahamnya.


5. Kita juga mengenal lembaga penunjang di pasar modal.
Jelaskan secara lengkap lembaga penunjang yang anda ketahui.
Jawab :
Para lembaga penunjang yang memegang peranan penting di dalam mekanisme pasar modal adalah sebagai berikut.
a)         Penjamin emisi (underwriter)
Merupakan lembaga yang menjamin terjualnya saham atau obligasi sampai batas waktu tertentu dan dapat memperoleh dana yang diinginkan emiten.
b)         Perantara perdagangan efek (broker/pialang)
Lebih dikenal dengan istilah broker atau pialang mereka ini bertugas menjadi perantaraan dalam jual beli efek, yaitu antara perantara dalam jual beli efek, yaitu perantara antara si penjual (emiten) dengan si pembeli (investor).
c)         Perdagangan efek (dealer)
Dalam pasar modal berfungsi sebagai :
-           pedagang dalam jual beli efek
-           sebagai perantara dalam jual beli efek
d)         Penanggung (guarantor)
Merupakan lembaga penengah antara si pemberi kepercayaan dengan si penerima kepercayaan. Biasanya dalam emisi obligasi sangat diperlukan jasa penanggung. Penanggung dalam hal ini harus dapat memberikan keyakinan dan kepercayaan atas risiko yang mungkin timbul dari emiten. Sebagai contoh apabila emiten dibubarkan, maka apabila emiten tidak sanggup mengembalikan pinjaman berikut bunganya, maka penanggunglah yang akan menanggung kerugian tersebut. Jadi dalam hal ini penanggung merupakan lembaga yang dipercaya oleh investor sebelum menanamkan dananya.
e)         Wali amanat (trustee)
Dalam emisi obligasi, jasa wali amanat sangat diperlukan, terutama sebagai wali dari si pemberi amanat. Dalam hal ini, si pemberi amanat adalah investor. Jadi wali amanat mewakili pihak investor dalam hal obligasi.
f)         Perusahaan surat berharga (securities company)
Merupakan perusahaan yang mengkhususkan diri dalam perdangan surat-surat berharga yang tercatat di bursa efek
g)         Perusahaan pengelola dana (investmen company)
Yaitu perusahaan yang kegiatannya mengelola surat-surat berharga yang akan menguntungkan sesuai dengan keinginan investor. Perusahaaan ini memiliki dua unit dalam mengelola dananya yaitu sebagai pengelola dana dan penyimpan dana.
h)         Kantor administrasi efek.
Merupakan kantor yang membantu para emiten maupun investor dalam rangka memperlancar administrasinya.


6. Jelaskan pula secara lengkap lembaga-lembaga yang terkait dengan pasar modal, baik lembaga swasta maupun lembaga pemerintah.
Jawab :
1.         Lembaga-lembaga pemerintah
            Merupakan lembaga-lembaga atau badan pemerintah yang ditugaskan dan diperbantukan untuk mendukung dan memperlancar proses perdagangan efek di pasar modal. Mulai dari rencana emisi sampai dengan perdagangan efeknya. Lembaga-lembaga pemerintah yang terkait dengan kegiatan di pasar modal tersebut adalah sebagai berikut.
a)         Badan Pelaksana Pasar Modal (BAPEPAM)
            Merupakan lembaga pengatur pasar modal, yang bertugas mengatur dan melaksanakan pasar modal di Indonesia.
b)         Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)
            Setiap perusahaan yang akan menanamkan modalnya di Indonesia, baik Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA) haruslah memperoleh izin BKPM dulu. Izin akan diberikan BKPM setelah memenuhi persyaratan yang ditetapkan bagi perusahaan yang hendak melakukan go public.
c)         Departemen Teknis
            Pemberian izin usaha tergantung dari bidang usahanya masing-masing. Setiap bidang usaha izinnya akan dikeluarkan oleh departemen yang membawahinya.
d)         Departemen Kehakiman
            Bagi perusahaan yang berbentuk perseroan terbatas, sebelum didirikan, maka anggaran dasar perusahaan terlebih dulu harus disahkan oleh Departemen Kehakiman.
Anggaran dasar ini sebelumnya dibuat di depan notaris, kemudia didaftarkan di pengadilan negeri setempat untuk kemudian disahkan oleh Departemen Kehakiman dan diberitakan dalam lembaran berita negara.

2.         Lembaga-lembaga swasta
            Di samping lembaga-lembaga pemerintah, terdapat beberapa lembaga swasta yang memegang peranan penting dalam menunjang keberhasilan kegiatan di pasar modal. Lembaga-lembaga swasta yang mempunyai kaitan erat dengan pasar modal antara lain:
a)         Notaris
            Rencana untuk menjual saham atau obligasi di pasar modal terlebih dulu dibicarakan dan disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Dalam RUPS haruslah dicatat dan agar pencatatannya dianggap sah, maka diperlukanlah jasa notaris untuk pengesahan acara RUPS.
b)         (BPKP)
Peranan BPKP dibutuhkan untuk melakukan penilaian dan menentukan kelayakan dari laporan keuangan seperti neraca, laporan laba/rugi dan laporan perubahan modal emiten.
Setelah melalui beberapa penilaian terhadap laporan keuangan emiten, maka akan mengeluarkan pernytaan atau pendapat terhadap hasil penilaian yang telah dilakukannya.
c)         Konsultan hukum
            Bertugas memberikan pernyataan-pernyataan tentang keabsahan dari dokumen-dokumen yang diajukan. Tugas para konsultan hukum adalah meneliti secara sungguh-sungguh atas dokumen-dokumen yang dipersyaratkan.
d)         Penilai (appraiser)
            Untuk menilai kewajaran dari nilai suatu aktiva seperti tanah, mesin-mesin, gudang, mobil, dan aktiva lainnya diperlukan jasa penilai yang professional. Penilai akan menilai berapa nilai yang wajar sekarang ini dan setelah dilakukan revaluasi, sehingga seluruh nilai aktiva dapat diketahui secara jelas dan benar.
f)         Konsultan efek
            Bertugas memberikan pendapat tentang keuangan dan manajemen emiten.


7. Selanjutnya jelaskan pula secara lengkap, tetapi singkat prosedur emisi saham dan obligasi di pasar modal.
Jawab :
Prosedur dan persyaratan emisi harus dilaksanakan sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah ditetapkan, mulai dari masa tahap persiapan sampai berakhirnya emisi. Adapun prosedur dan tahapan emisi adalah sebagai berikut :
1.         Tahapan emisi
a.         Tahap persiapan
            Sebelum melakukan penjualan saham atau obligasi di pasar modal, maka tahap pertama bagi perusahaan yang hendak mencari modal di pasar modal adalah melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Di dalam RUPS yang dihadiri oleh para pemegang saham akan dibicarakan antara lain:
-           tujuan mencari modal di pasar modal
-           jenis modal yang diinginkan
-           jumlah modal yang dibutuhkan
-           dan hal-hal lain yang berkaitan dengan emisi
b.         Penyampaian letter of intent
            Hasil rapat yang telah disetujui dalam RUPS dituangkan dalam surat. Kemudian diajukan ke BAPEPAM sebagai wujud hendak menerbitkan efek di pasar modal.
Penyampaian letter of intent meliputi:
-           pernyataan untuk emisi
-           jenis efek
-           nominal efek
-           waktu emisi
-           tujuan dan penggunaan dana emisi
-           data-data mengenai perusahaan
-           nama dan alamat bank yang menjadi relasi, notaris, akuntan dan penasihat hukum.
c.         Penyampaian pernyataan pendaftaran
            Langkah selanjutnya setelah penyampaian letter of  intent adalah penyampaian pernyataan pendaftaran. Penyampaian pernyataan pendaftaran memuat informasi-informasi antara lain:
-           data tentang manajemen dan komisaris
-           data tentang struktur modal
-           kegiatan usaha emiten
-           rencana emisi
-           penjamin pelaksana emisi
d.         Evaluasi oleh BAPEPAM
            Kemudian apabila seluruh dokumen yang dipersyaratkan telah terpenuhi, maka oleh BAPEPAM akan melakukan evaluasi terhadap dokumen-dokumen yang telah disampaikan. Evaluasi oleh BAPEPAM meliputi kelengkapan dokumen. Kelengkapan dokumen harus ada dan dikatakan lengkap antara lain meliputi :
-           pernyataan pendaftaran
-           anggaran dasar perusahaan
-           laporan keuangan
-           jenis surat perjanjian yang telah dibuat dengan penjamin emisi, dealer, wali amanat, penanggung dan perjanjian lainnya
-           surat pendapat dari segi hukum
-           laporan dari perusahaan penilai
-           jadwal waktu emisi dari penjamin emisi
-           laporan hasil evaluasi yang dilaksanakan oleh penjamin emisi
-           surat pernyataan dari akuntan (comfort letter)
-           surat pernyataan dari manajemen
-           draft prospectus
Melakukan penelahaan terhadap seluruh dokumen yang diajukan. Tujuannya adalah untuk melihat kesesuaian yang ada pada masing-masing dokumen. Penelahaan dokumen meliputi:
-           terhadap laporan keuangan
-           terhadap comfort letter
-           terhadap seluruh bentuk dan isi dokumen lainnya
e.         Dengar pendapat terbuka
            Setelah semua persyaratan dilengkapi oleh perusahaan yang hendak melakukan emisi, maka langkah selanjutnya adalah mengadakan debat terbuka. Debat terbuka diikuti oleh :
-           BAPEPAM
-           perusahaan yang bersangkutan
-           serta lembaga-lembaga terkait lainnya
Tujuan debat terbuka adalah untuk mendapatkan informasi langsung dari pihak yang hendak melakukan emisi.

2. Persyaratan Emisi
            Sementara itu, persyaratan emisi adalah izin registrasi dan listing yang diberikan oleh BAPEPAM setelah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan sebelumnya. Setelah registrasi di BAPEPAM, emiten harus listing di bursa paling lambat 90 hari setelah izin dikeluarkan.


8. Uraikan apa yang dimaksud dengan pasar sekunder dan pasar primer, serta kapan kedua pasar tersebut terjadi.
Jawab :
Pasar Primer Adalah penawaran saham pertama kali dari emiten kepada para pemodal selama waktu yang ditetapkan oleh pihak penerbit (issuer) sebelum saham tersebut belum diperdagangkan di pasar sekunder. Pasar perdana ini sangat tenar dengan nama initial public offering atau go public. Dalam pasar perdana ini sesungguhnya hanya ada dua pihak yang melakukan kesepakatan, yakni calon emiten dan penjamin emisinya. Dalam pasar perdana, investor yang memesan saham akan mendapatkan sesuai dengan sistem penjatahan yang diterapkan oleh pihak penjamin emisi.
Pasar sekunder merupakan lanjutan pasar primer pasca proses IPO. Setelah saham di catatkan di Bursa, maka saham perusahaan tersebut bebas di jual belikan oleh publik. Harga saham pada pasar sekunder ini bergerak fluktuatif berdasarkan banyaknya penawaran (supply) dan permintaan (demand). Untuk bisa membeli saham yang sudah melantai di Bursa Efek Indonesia kita perlu mendaftarkan diri melalui Anggota Bursa atau bisa disebut Perusahaan Sekuritas. Pasar sekunder ini dibagi menjadi tiga, yaitu Pasar Reguler, Pasar Negosiasi, dan Pasar Tunai.

9. Jelaskan jenis-jenis pasar modal atau bursa efek yang ada di Indonesia sekarang ini.

Jawab :
A. Saham
Jnis-jenis saham dapat ditinjau dalam beberapa segi, antara lain sebagai berikut.
1)         Dari segi cara peralihan
-           Saham atas unjuk (bearen stocks).
Merupakan saham yang tidak mempunyai nama atau tidak tertulis nama pemilikdalam saham tersebut.
-           Saham atas nama (registered stocks).
Di dalam saham tertulis nama pemilik saham tersebut dan untuk dialihkan kepada pihak lain diperlukan syarat dan prosedur tertentu.
2)         Dari segi hak tagih
-           Saham biasa (common stocks)
Bagi pemilik saham ini hak untuk memperoleh deviden akan didahulukan lebih dulu pada saham preferen. Begitu pulka dengan hak terhadap harta apabila perusahaan diliquidasi.
-           Saham preferen (prefered stocks)
Merupakan saham yang memeproleh hak utama dalam deviden dan harta apabila pada saat perusahaan diliquidasi.

B. Obligasi
Jenis-jenis obligasi, seperti halnya saham dapat dilihat dari berbagai segi berikut ini.
1)         Ditinjau dari segi peralihan.
-           Obligasi atas unjuk (bearer bonds).
Obligasi jenis ini tidak mempunyai nama dalam obligasinya dan mudah untuk dialihkan kepada pihak lain.
-           Obligasi atas nama (registered bonds).
Merupakan obligasi yang memiliki nama pemilik obligasi dalam obligasi dan untuk pengalihan memerlukan barbagai persyaratan dan prosedur.
2)         Ditinjau dari segi jaminan yang diberikan atau hak klaim.
-           Obligasi dengan jaminan (secured bonds).
Merupakan obligasi yang dijamin dengan jaminan tertentu. Jenis obligasi ini antara lain, obligasi dengan garansi (guaranted bonds), obligasi dengan jaminan harta (mortgage bonds), obligasi dengan jaminan efek (collateral trust bonds), dan obligasi dengan jaminan peralatan (equipment bonds).
-           Obligasi tanpa jaminan (unsecured bonds).
Pengertian tanpa jaminan, artinya obligasi yang diberikan hanya berbentuk kepercayaan semata, misalnya debenture bonds, yang merupakan obligasi yang diterbitkan pemerintah dan subordinate bonds.
3)         Ditinjau dari segi cara penetapan dan pembayaran bunga dan pokok.
-           Obligasi dengan bunga tetap, merupakan obligasi yang meberikan bungasecara tetap setiap periode tertentu, misalnya 16% per tahun.
-           Obligasi dengan bunga tidak tetap, merupakan obligasi yang memberikan bunga tidak tetap dan biasanya dikaitkan dengan suku bunga bank yang berlaku untuk periode tertentu.
-           Obligasi tanpa bunga, merupakan obligasi yang tidak memberikan bunga kepada pemegangnya. Keuntungan dari obligasi ini diharapkan selisih nilai antara nilai pembelian dengan nilai pada saat jatuh tempo.
4)         Ditinjau dari segi penerbit.
-           Obligasi oleh pemerintah.
Merupakan obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat, daerah atau perusahaan pemerintah.
-           Obligasi oleh swasta.
Merupakan obligasi yang diterbitkan oleh pihak swasta.
5)         Ditinjau dari segi jatuh tempo.
-           Obligasi jangka pendek, merupakan obligasi yang berjangka waktu tidak lebih dari 1 tahun.
-           Obligasi jangka menengah, merupakan obligasi yang memiliki jangka waktu diantara 1 tahun sampai dengan 5 tahun.
-           Obligasi jangka panjang, merupakan obligasi yang memiliki jangka waktu lebih dari 5 tahun.

10. Sebelum mengajukan emisi, para emiten tentu mempunyai beberapa tujuan. Uraikan tujuan emiten dalam melakukan emisi saham di bursa efek.
Jawab :
Dalam melakukan emisi, para emitmen memiliki berbagai tujuan dan hal ini biasanya sudah tertuang dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) termasuk jenis-jenis surat berharga yang akan diterbitkan. Tujuan emitmen untuk memperoleh modal juga sudsah dituangkan dalam RUPS. Tujuan melakukan emisi antara lain:
a)         Untuk perluasan usaha, dalam hal ini tujuan emitmen dengan modal yang diperoleh dari para investor akan digunakan untuk meluaskan bidang usaha, perluasan pasar atau kapasitas produksi.
b)         Untuk memperbaiki struktur modal, bertujuan untuk menyeimbangkan antara modal sendiri dengan modal asing.
c)         Untuk mengadakan pengalihan pemegang saham. Pengalihan ini dapat berbentuk dari pemegang saham lama kepada pemegang saham yang baru. Pengalihan dapat pula untuk menyeimbangkan para pemegang sahamnya.

loading...

No comments:

Post a Comment