Sunday 8 April 2018

Analisis Aspek Sumber Daya Manusia




1.    Jelaskan mengapa dalam menilai kelayakan bisnis dibutuhkan penerapan konsep the right man and the right place. Berikan jawaban disertai dengan contoh.
Jawab :
Konsep the right man and the right place merupakan konsep yang harus diingat dalam pengembangan dan pembangunan bisnis karena persoalan paling mendasar yang sering menjadi masalah dalam aspek sumber daya manusia berawal pada kesalahan penerimaan dan penempatan tenaga kerja yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dengan menggunakan konsep ini, maka perusahaan dapat menilai dan menempatkan seorang karyawan pada posisi yang benar-benar dianggap layak (feasible). Ada berbagai sisi ukuran yang menyatakan seorang calon karyawan bisa masuk dalam konsep ini diantaranya latar belakang pendidikan maupun pengalaman yang sesuai dengan bidang pekerjaan tersebut.
Contoh : Menempatkan karyawan untuk jabatan accounting sesuai dengan pendidikan maupun keahlian orang tersebut.

2.    Menurut Anda mengapa dalam membangun bisnis diperlukan aspek kedisiplinan yang tinggi dari para karyawan. Berikan penjelasan anda disertai dengan contohnya.
Jawab :
Dalam membangun bisnis diperlukan aspek kedisiplinan yang tinggi dari para karyawan agar kualitas kinerja sumber daya manusia perusahaan mengalami peningkatan sehingga pekerjaan dapat lebih efektif dan efisien. Hal seperti inilah yang diperlukan dalam pengembangan bisnis perusahaan.
Contoh : Disiplin karyawan dalam melaksanakan peraturan kerja. Misalnya peraturan jam kerja, apabila para karyawan disiplin dalam menerapkan jam kerja maka pekerjaan akan lebih bermutu dan dapat dipertanggung jawabkan.

3.    Jelaskan pengaruh kompetensi karyawan dalam mendorong penciptaan kualitas kerja dan pengembangan bisnis.
Jawab :
Kompetensi adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seorang individu yang memiliki nilai jual dan itu teraplikasi dari hasil kreativitas serta inovasi yang dihasilkan. Semakin tinggi kompetensi karyawan maka hal itu akan memberi kepercayaan pada karyawan untuk berkompetisi dan unggul sehingga dapat meningkatkan kualitas kerja yang dapat berpengaruh pada pengembangan bisnis dalam perusahaan.

4.    Apakah konsep dan ketegasan dalam reward and punishment mampu membawa pengaruh bagi kemajuan bisnis. Berikan jawaban disertai dengan contohnya.
Jawab :
Konsep reward and punishment mampu membawa pengaruh bagi kemajuan bisnis karena dengan pemberian reward (penghargaan) maka diharapkan berdampak pada meningkatnya motivasi dalam bekerja. Peningkatan motivasi tentunya akan mendorong kualitas kerja sehingga akan berpengaruh positif dalam kemajuan bisnis.
Misalnya : Seorang karyawan yang bekerja dengan baik dan disiplin, maka perusahaan memberikan reward (penghargaan) berupa promosi jabatan dan kenaikan gaji dan upah, sehingga akan lebih memotivasi karyawan tersebut dalam bekerja. Hal inilah yang akan membawa pengaruh positif dalam kemajuan  bisnis.

loading...

No comments:

Post a Comment