Thursday 12 April 2018

Telekomunikasi dan Jaringan


Telekomunikasi dan Jaringan

Media Telekomunikasi
Saluran telekomunikasi membuat penggunaan dari berbagai media telekomunikasi, termasuk sepasang kawat berpilin, kabel koaksial dan kabel serat optik seluruhnya merupakan secara fisik menautkan perangkat dalam sebuah jaringan. Juga termasuk gelombang mikro terestrial, satelit komunikasi, sistem telepon seluler, serta paket dan radio LAN, seluruhnya menggunakan gelombang mikro dan gelombang radio lainnya.


Teknologi Kabel
1. Sepasang Kawat Berpilin
            medium yang digunakan paling meluas untuk telekomunikasi. Sambungan ini digunakan untuk mendirikan jaringan komunikasi di seluruh dunia untuk transmisi suara dan data
2. Kabel Koaksial
            terdiri atas kabel tembaga atau aluminium kokoh yang dibungkus dengan pengatur jarak untuk menyekat atau melindunginya.
3. Serat Optik
            menggunakan kabel yang terdiri atas satu atau lebih filamen setipis rambut dari serat kaca dibungkus dengan sarung pelindung

Teknologi Nirkabel
Teknologi nirkabel bergantung pada gelombang radio, gelombang mikro, inframerah dan denyut cahaya yang terlihat untuk mengirimkan komunikasi digital tanpa kabel antara alat komunikasi. Teknologi nirkabel terdiri dari :
  1. Gelombang mikro terestrial
  2. Satelit komunikasi
  3. Sistem Seluler dan PCS
  4. LAN Nirkabel
  5. Bluetooth
  6. Situs Nirkabel

Prosesor Telekomunikasi
1. Modem
            jenis prosesor komunikasi yang paling umum. Yang merubah sinyal digital komputer atau terminal transmisi di 1 ujung dari sebuah tautan komunikasi kedalam frekuensi analog yang dapat di transmisikan melalu sambungan telepon biasa
2. Prosesor Antarjaringan
            jaringan telekomunikasi yang terhubung oleh prosesor komunikasi dengan tujuan khusus
3. Multiplekser
            prosesor komunikasi yang memungkinkan sebuah saluran komunikasi tunggal untuk membawa transmisi data yang simultan dari banyak terminal

Perangkat Lunak Telekomunikasi
Perangkat lunak telekomunikasi merupakan perangkat yang penting dari semua jaringan telekomunikasi.
Manajemen Jaringan, contoh-contoh fungsi manajemen jaringan :
  1. Manajemen lalu lintas
  2. Keamanan
  3. Pengawasan Jaringan
  4. Perencanaan Kapasitas

Topologi Jaringan
Topologi adalah struktur jaringan dalam telekomunikasi, topologi ini berguna untuk dalam jaringan telekomunikasi area luas dan area lokal.
3 jenis topologi yaitu :
  • jaringan bintang
  • jaringan cincin
  • rangkaian jaringan

Arsitektur dan Protokol Jaringan
  • Protokol
            Sebuah susunan standar dari aturan dan prosedur untuk pengendalian komunikasi dalam sebuah jaringan
  • Arsitektur Jaringan
            Untuk mempromosikan sebuah lingkungan telekomunikasi yang terbuka, sederhana, fleksibel dan efisien.
  • Model OSI
            Sebuah deskripsi standar untuk bagaimana pesan sebaiknya di transmisikan antara 2 titik maupun dalam sebuah jaringan telekomunikasi
  • TCP/IP Internet
            Internet menggunakan sebuah sistem protokol telekomunikasi yang telah digunakan secara meluas yang saat ini diterima sebagai sebuah arstektur jaringan. Sederetan protokol Internet disebut Transmission Control Protocol/Internet Protocol yang dikenal sebagai TCP/IP.
  • Suara melalui IP
            Suara melalui IP atau VoIP yaitu penggunaan sebuah koneksi internet untuk memberikan data suara menggunakan IP daripada menggunakan jaringan telepon. Dalam istilah yang sederhana, VoIP memungkinkan seseorang untuk menggunakan layaknya ia terkoneksi langsung ke sebuah jaringan telepon bahkan saat di rumah atau di kantor jauh.

Alternatif Bandwidth
Kecepatan dan kapasitas komunikasi dari jaringan telekomunikasi dapat   diklasifikasikan sebagai bandwidth. Cakupan frekuensi sebuah saluran telekomunikasi, ia menentukan tingkat transmisi maksimum saluran. Kecepatan dan kapasitas tingkat transmisi data yang biasanya diukur dalam bit per detik (bits per second -bps)

Alternatif Peralihan dan Interoperabilitas Jaringan
  • Layanan telepon biasa bergantung pada peralihan sirkuit, dimana sebuah saklar  membuka sebuah sirkuit untuk membuat sebuah tautan antara pengirim dan penerima. Dalam peralihan pesan, sebuah pesan ditransmisikan sebuah blok waktu dari satu alat peralihan ke alat peralihan lainnya.
  • Interoperabilitas jaringan memastikan bahwa setiap orang dimanapun pada satu jaringan dapat berkomunikasi dengan setiap orang dimanapun pada jaringan lain.


loading...

No comments:

Post a Comment