Wednesday 11 April 2018

Manajemen Sumber Data




Manajemen Sumber Data


Pendekatan Manajemen Basis Data
Pendekatan manajemen basis data mengonsolidasi catatan data, yang sebelumnya memegang arsip terpisah, ke basis data yang akan diakses oleh banyak program aplikasi yang berbeda. Tambahannya, suatu sistem manajemen basis data (DBMS) bertindak sebagai perangkat lunak antarmuka antar pengguna dan basis, data agar mudah dalam mengakses sebuah basis data.
Contohnya pendekatan manajemen basis data sebuah sistem informasi pebankan.


Sistem Manajemen Basis Data
Merupakan alat perangkat lunak utama dari pendekatan manajemen basis data karena ia mengendalikan pembuatan, pemeliharaan dan penggunaan basis data dari sebuah organisasi dan pengguna akhirnya.
Fungsi utamanya adalah :
  1. Membuat basis data baru dan aplikasi basis data
  2. Memelihara kualitas data didalam organisasi basis data
  3. Menggunakan basis data dari sebuah organisasi untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna akhir

Penyelidikan Basis Data
Penyelidikan basis data adalah manfaat utama dari pendekatan manajemen basis data. Penggunaan akhir dapat menggunakan DBMS dengan meminta informasi dari sebuah basis data menggunakan sebuah fitur permintaan atau sebuah laporan pembangkit. Laporan ini berfungsi memudahkan menspesifikasikan sebuah format laporan untuk informasi yang di inginkan
Fitur bahasa permintaan membantu Anda dengan mudah menyediakan respons cepat untuk permintaan data khusus
Fitur laporan pembangkit memudahkan Anda untuk menspesifikasi sebuah format laporan untuk informasi yang ingin Anda berikan sebagai sebuah laporan.
PERMINTAAN SQL adalah bahasa permintaan standar internasional yang ditemukan dibanyak paket DBMS.
Bentuk dasar dari permintaan SQL adalah :
´  PILIH…DARI…DI MANA…
Logika Boolean adalah akses penuh daya SQL untuk memahami dasar dari konsep dibelakang logika boolean. Logika boolean terdiri dari 3 penyelenggara logis : (1) DAN, (2) ATAU dan (3) TIDAK.
Permintaan Grafis dan Alamiah. Banyak pengguna akhir (dari pelaku SI) mengalami kesulitan dalam mengoreksi frase SQL dan permintaan pencarian bahasa basis data lain. Jadi, kebanyakan pengguna akhir dari paket manajemen basis data menawarkan GUI (pengguna grafis antarmuka) , metode tunjuk atau klik, yang lebih mudah digunakan dan diterjemahkan oleh perangkat lunak ke perintah SQL.


Pemeliharaan Basis Data
Proses pemeliharaan basis data dicapai melalui sistem pengolahan transaksi dan aplikasi pengguna akhir lainnya, dengan dukungan DBMS. Pengguna akhir dan spesialis informasi dapat memperkerjakan berbagai utilitas yang disediakan oleh DBMS untuk pemeliharaan basis data

Pengembangan Aplikasi
Sebagai tambahan, paket DBMS memainkan peran utama dalam pengembangan aplikasi. Penggunaan akhir, analisis sistem, dan pengembangan aplikasi lain dapat menggunakan bahasa pemrograman 4GL dan membuat alat pengembangan perangkat lunak yang diberikan oleh banyak paket DBMS untuk membangun program aplikasi umum.


loading...

No comments:

Post a Comment