Sunday 8 April 2018

Researh and Development




1.    Jelaskan pengertian research and developmentserta jelaskan mengapa research development perlu dilakukan, juga bagaimana hubungannya dengan ilmu studi kelayakan bisnis.
Jawab :

·           Research (penelitian) adalah suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan untuk mengetahui secara lebih komprehensif terhadap suatu sampel dengan melihat dari berbagai sudut kejadian.
·           Development adalah suatu pengembangan yang dapat berbentuk barang dan jasa, dimana dalam usaha menciptakan pengembangan tersebut diikuti oleh berbagai langkah-langkah serta proses yang panjang, tidak terkecuali teralokasikannya sejumlah dana sebagai pendukung terwujudnya development tersebut.
·           Research and development perlu dilakukan karena R and D merupakan jantungnya perusahaan. Artinya jika lembaga research and development tidak mampu bekerja secara maksimal dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan memiliki daya saing di pasar maka kemungkinan perusahaan tersebut akan mati secara perlahan-lahan. Selain itu, research development juga diperlukan untuk memperbaiki produk-produk dan jasa perusahaan yang sudah ada, mengembangkan berbagai produk dan jasa baru serta menganalisa produk dan jasa pesaing.
·           Research and development juga berhubungan dengan ilmu kelayakan bisnis karena salah satu tujuan utama dilakukan R & D adalah untuk menghindari terjadinya kerugian atau kegagalan bisnis dikemudian hari. Sehingga, dengan melakukan research and development diharapkan suatu bisnis akan mampu melahirkan aplikasi perjalanan bisnis yang jauh lebih aman dan kondusif serta suistainable (berkelanjutan).

2.    Jelaskan tujuan dilakukannya research and development.
Jawab :
Tujuan dilakukannya research :
a.    Menghindari produk yang diciptakan mengalami penurunan penjualan karena turunnya permintaan di pasar.
b.    Persaingan bisnis yang tinggi di pasar. Persaingan yang tinggi sangat terasa oleh sesama perusahaan yang menghasilkan produk sejenis, dimana mereka saling berebut untuk menarik konsumen agar membeli produk mereka.
c.    Globalisasi. Era globalisasi saat ini telah menyebabkan berbagai produk bebas masuk dan keluar ke berbagai negara manapun. Sehingga persaingan akan kualitas produk di pasar internasional semakin sengit sering terjadi.
Tujuan dilakukannya development :
a.    Dapat dikembangkan produk yang memiliki nilai jual dan mampu bersaing di pasar.
b.    Reputasi perusahaan di mata konsumen dan mitra bisnis dapat selalu terjaga.
c.    Mampu mewujudkan keinginan konsumen atau aspirasi konsumen terhadap produk yang sesuai dengan pengharapan dapat dilaksanakan.

3.    Apakah suatu perusahaan yang melakukan research and development dengan tinggi di anggap sebagai perusahaan yang memiliki kreativitas tinggi atau sebaliknya. Berikan penjelasan disertai dengan contohnya.
Jawab :
Ya, dengan melakukan research and development, perusahaan dianggap memiliki kreativitas yang tinggi karena perusahaan dapat melihat suatu penelitian serta untuk menerapkan produk-produk berkualitas yang dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain.


loading...

No comments:

Post a Comment