Sunday 8 April 2018

Analisis Aspek Pemasaran




1.    Jelaskan mengapa dalam mengkaji studi kelayakan bisnis perlu memahami tentang marketing environm.
Jawab :

Marketing environment (lingkungan pemasaran) suatu perusahaan terdiri dari para pelaku dan kekuatan-kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan memelihara hubungan yang sukses dengan pelanggan sasarannya. Bagi seorang pebisnis memahami lingkungan pemasaran sangat penting, termasuk pembagian lingkungan pemasaran beserta aktivitas ruang lingkupnya. Secara umum lingkungan pemasaran ada dua, yaitu lingkungan mikro dan lingkungan makro. Kedua lingkungan ini bersifat saling mempengaruhi satu sama lain. Efek pemahaman dari kedua bentuk lingkungan tersebut tergambarkan dalam pengambilan keputusan yang berdasarkan pada analisis dan asumsi kedua sisi lingkungan.
Jadi, dalam studi kelayakan bisnis perlu memahami tentang marketing environment agar pebisnis/perusahaan mampu memahami pola perilaku dari komunitas masyarakat setempat secara baik sehingga keputusan yang dibuat memiliki nilai representatif tinggi untuk diterapkan.

2.    Jelaskan peranan dan fungsi dari marketing mix. Berikan jawaban disertai dengan contohnya.
Jawab :
Marketing Mix berperan penting dalam memasarkan produk ke pasaran. Di dalam marketing mix terdiri dari :
·      Product yang merupakan barang dan jasa
·      Place merupakan tempat atau lokasi penjualan produk tersebut
·      Price merupakan harga yang ditetapkan pada produk tersebut yang dilihat dan dihitung berdasarkan pembelian bahan baku, biaya distribusi atau angkutan, biaya gaji, dan lain-lain hingga akhirnya diputuskan harga yang layak dipasaran.
·      Promosi menyangkut bagaimana mengenalkan produk kepada konsumen, agar konsumen mengetahui, mencoba dan menjadi loyal.

3.    Jelaskan tujuan dilakukannya analisis segmentasi. Berikan jawaban disertai contohnya.
Jawab :
Segmentasi adalah pembagian. Para pebisnis biasa melakukan segmentasi agar memudahkan dalam memahami kondisi pasar.
Tujuan dilakukannya analisis segmentasi adalah untuk dijadikan dasar dalam menerapkan positioning pada keputusan. Sehingga keputusan yang diambil memiliki nilai kekuatan yang jauh lebih kuat dengan kata lain memiliki nilai kompetitif atau daya saing
Contohnya : Membuka warung nasi “Warteg” di terminal bus angkutan antar kota. Ini dianggap tepat karena para penumpang dan supir pasti menyukai makan nasi Warteg tersebut. Dalam istilah bisnis disebutkan bahwa keputusan hari ini mempengaruhi dampaknya pada masa yang akan dating, artinya kita mengharapkan penjualan yang tinggi dari keputusan yang dibuat pada saat ini.

4.    Jelaskan kelemahan mempergunakan trend analysis dalam melihat kondisi suatu perusahaaan. Dan berikan contohnya.
Jawab :
Kelemahan Trend Analysis :
1. Hanya dapat digunakan pada data yang mempunyai nilai tren yang relative konstan
2. Tidak dapat digunakan pada data yang mengandung unsur musiman
3. Data tidak dapat digunakan untuk meramalkan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

loading...

1 comment: