Sunday 8 April 2018

Studi Kelayakan Bisnis




1.    Menurut Anda mengapa suatu organisasi bisnis membutuhkan system dokumen yang terkomputerisasi.
Jawab :

Suatu organisasi bisnis membutuhkan system dokumen yang terkomputerisasi agar memudahkan proses penyusunan dokumen dengan waktu yang singkat sehingga pekerjaan menjadi efektif dan efisien. Selain itu dapat memudahkan dalam pencarian data atau dokumen serta dokumen tersebut aman dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebanjiran, kebakaran, maupun kehilangan dokumen. Dan juga dengan adanya system yang terkomputerisasi akan dimungkinkan lahirnya informasi yang sistematis dan apabila terjadi kesalahan data pencatatan maka akan mudah dilacak, ditelusuri dan diperbaiki. Serta dengan menggunakan system dokumen terkomputerisasi, organisasi bisnis akan dengan mudah melakukan proses pengiriman data melalui email atau via internet.
2.    Menurut Anda bagaimana prospek ilmu studi kelayakan bisnis dimasa akan dating. Berikan jawaban anda beserta contohnya.
Jawab :
Prospek ilmu studi kelayakan bisnis akan sangat penting kedepannya, karena dapat dipergunakan untuk :
a.       Memberikan rekomendasi bagi seseorang untuk membuka usaha baru, misalnya membuka toko, membuka pabrik dan lain sebagainya
b.      Mengembangkan usaha yang sudah ada, misalnya menambah kapasitas pabrik, memperluas skala usaha dan lain sebagainya
c.       Memilih jenis usaha yang paling menguntungkan, misalnya pilihan usaha dagang, jasa dan lain sebagainya
d.      Meminimalisir resiko dalam suatu kegiatan usaha

3.    Menurut Anda apakah kegagalan dalam pembuatan studi kelayakan bisnis juga disebabkan oleh faktor tidak sistematisnya berbagai dokumen yang tersedia sesuai dengan tempatnya. Berikan jawaban beserta contohnya.
Jawab :
Ya, karena apabila pencatatan tidak dilakukan secara sistematis pasti akan susah melacak atau mencari sumber masalahnya ada dimana. Hal itulah yang akan menjadi hambatan dalam proses penggunaan dokumen karena membutuhkan banyak waktu dalam pencarian data tersebut, serta dibutuhkan tenaga dan biaya yang banyak sehingga pekerjaan menjadi tidak efektif dan efisien.
Misalnya, ada beberapa dokumen yang tidak dicatat dalam pembukuan suatu perusahaan, maka perusahaan akan mengalami kerugian yang lumayan besar, dan itu akan menyebabkan kegagalan pula di dalam studi kelayakan bisnis.

loading...

No comments:

Post a Comment